Kunjungi Taiwan, Wamen Transportasi dan Komunikasi Lithuania Kena Sanksi China

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:18:00 WIB
Kunjungi Taiwan, Wamen Transportasi dan Komunikasi Lithuania Kena Sanksi China
Wakil Menteri Transportasi dan Komunikasi Lithuania, Agne Vaiciukeviciute. (Foto: newsnpr)

BEIJING, iNews.id - Kementerian Luar Negeri China menjatuhkan sanksi kepada Wakil Menteri Transportasi dan Komunikasi Lithuania, Agne Vaiciukeviciute karena telah mengunjungi Taiwan. Hal itu menjadi hal terbaru dalam pertikaian diplomatik Beijing dengan negara Uni Eropa tersebut. 

Tak hanya sanksi, China juga akan menangguhkan keterlibatan dan kerja sama dengan Kementerian Transportasi dan Komunikasi Lithuania.

Sementara itu, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Lithuania mengatakan pihaknya menyesalkan keputusan China.

"Beijing memilih untuk melanjutkan dan mengintensifkan tindakan ilegal terhadap negara anggota UE," kata Kementerian dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Mereka menyebut tindakan China ini tidak kondusif untuk pengembangan hubungan China dengan dunia demokrasi. Tak hanya itu, sikap China juga membalikkan kebijakan yang dinyatakan Beijing, yang tidak menghalangi pengembangan hubungan yang saling menguntungkan dengan Taiwan. 

China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai wilayahnya dan menentang politisi asing yang mengunjungi pulau itu. Taiwan yang diperintah secara demokratis menolak klaim China.

Penguatan hubungan Lithuania dengan Taiwan baru-baru ini telah membuat marah Beijing.  Halnitu menyebabkan penurunan ekspor Lithuania ke China pada kuartal pertama tahun ini menjadi hampir nol.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda