Lady Gaga hingga Jennifer Lopez Tampil Memukau di Pelantikan Presiden AS Joe Biden

Djairan ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 04:00:00 WIB
Lady Gaga hingga Jennifer Lopez Tampil Memukau di Pelantikan Presiden AS Joe Biden
Lady Gaga saat menyanyikan lagu kebangsaan AS The Star-Spangled Banner dengan penuh emosional versi dramatis saat pelantikan Presiden dan Wapres AS. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Penyanyi dunia Lady Gaga terpilih tampil menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat (AS) The Star-Spangled Banner di hari pelantikan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden (Wapres) Kamala Harris di Gedung Capitol Washington DC, Rabu (20/1/2021) waktu setempat. Tak hanya Gaga, upacara sakral itu juga dimeriahkan penampilan penyanyi musik country Garth Brooks, penyair muda Amanda Gorman hingga Jennifer Lopez.

Gaga menyanyikan lagu kebangsaan dengan penuh emosional dengan versi dramatis. Perempuan berusia 34 tahun yang terkenal dengan pakaian ikonik itu tampil memukau dengan rok sutra merah fuchsia plus atasan hitam. Dipercantik dengan hiasan bros emas besar burung merpati.

Pada satu momen saat bernyanyi, Gaga sempat menoleh sembari memberi isyarat kepada bendera AS yang berkibar tinggi di atas Gedung Capitol. Suasana khidmat menyelimuti hari bersejarah bagi rakyat AS saat menyambut hadirnya Presiden ke-46 dan Wapres ke-49.

“Dia (Gaga) membunuhnya (penampilan). Aku gaga untuk gaga!!! ” tulis aktor Ed Helms dalam sebuah tweet memberikan pujian atas penampilan Lady Gaga, dikutip Reuters, Kamis (21/1/2021).

Sementara Brooks yang tampil mengenakan jeans dan kemeja hitam menyanyi dengan acapella. Dia melepas topi Stetson hitamnya saat menyanyikan Amazing Grace.

Sedangkan J Lo, sapaan akrab Jennifer Lopez tampil mengenakan celana putih dan mantel panjang berwarna serasi. Dia tampil cantik menyanyikan medley lagu This Land is Your Land dan America The Beautiful. 

J Lo menyelipkan bahasa Spanyol, bagian dari Ikrar Kesetiaan AS yang berbunyi ‘satu bangsa, di bawah Tuhan, tak terpisahkan dengan kebebasan dan keadilan untuk semua’.

Gorman, penyair berusia 22 tahun berhasil tampil dengan memainkan emosi yang campur aduk saat membacakan sebuah puisi. Pembacaan yang menghayati dan memukau tamu undangan.

“Gadis kulit hitam kurus (menyebut dirinya), keturunan dari budak dan dibesarkan seorang ibu tunggal, bermimpi menjadi Presiden, hanya untuk mendapati dirinya ‘membaca untuk satu’," ujar Gorman dalam puisinya.

Parade budaya dalam gelaran pelantikan tersebut akan berlanjut hingga Rabu malam dengan siaran khusus selama dua jam di enam jaringan televisi dan media sosial. Peristiwa bersejarah itu mempertemukan beberapa selebriti kulit putih, kulit hitam dan hispanik ternama.

Editor : Donald Karouw