Lawan Covid Varian Delta, Kamboja Padukan Vaksin AstraZeneca dengan Buatan China

Anton Suhartono ยท Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:49:00 WIB
Lawan Covid Varian Delta, Kamboja Padukan Vaksin AstraZeneca dengan Buatan China
Kamboja akan padukan vaksin Covid-19 AstraZeneca dengan buatan China (Foto: Reuters)

PHNOM PENH, iNews.id - Kamboja mulai menawarkan vaksin Covid-19 booster bagi warganya di tengah lonjakan kasus infeksi dipicu varian Delta. Mereka yang sudah menerima dua dosis vaksin dari China akan disuntik AstraZeneca dan sebaliknya.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengatakan, dosis ketiga ini akan diprioritaskan bagi para pekerja di garis depan yang jumlahnya antara 500.000 hingga 1 juta orang.

"Warga yang sudah divaksin menggunakan Sinopharm dan Sinovac harus diberikan AstraZeneca sebagai dosis booster ketiga. Sebaliknya, bagi mereka yang sudah divaksin AstraZeneca, diberikan Sinovac sebagai dosis ketiga,” kata Hun Sen, dalam pidato yang disiarkan di media sosial, seperti dilaporkan kembali Reuters, Minggu (1/8/2021).

Dia menambahkan, pemerintah akan mendatangkan lebih banyak vaksin AstraZeneca melalui program Covax sebagai suntikan booster. Sementara itu vaksin Covid-19 Johnson & Johnson sumbangan dari Amerika Serikat yang tiba baru-baru ini akan digunakan bagi masyarakat adat.

Kamboja termasuk negara Asia Tenggara dilanda lonjakan kasus akibat varian Delta. Negara itu memberlakukan lockdown di delapan provinsi yang berbatasan dengan Thailand pekan ini dalam upaya untuk mencegah penyebaran.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2