Lebah Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Anton Suhartono ยท Jumat, 22 Februari 2019 - 11:07 WIB
Lebah Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Lebah Megachile Pluto (Foto: The New York Times)

CANBERRA, iNews.id - Lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia setelah menghilang sejak 1981. Para ilmuwan internasional serta pakar konservasi, Kamis (21/2/2019), merilis foto-foto dari serangga penghasil madu itu.

Para ilmuwan itu berasal dari Universitas Sydney, University Saint Mary's Kanada, dan Universitas Princeton Amerika Serikat. 

Mereka menemukan spesies pertama Megachile Pluto atau juga dikenal dengan lebah raksasa Wallace itu di Provinsi Maluku Utara pada Januari 2019. Namun foto dan video sarang dan ratu lebah baru dirilis kemarin.

"Di tengah penurunan keanekaragaman serangga secara global, suatu hal yang luar biasa bisa mengetahui bahwa ada spesies ikonik yang masih bertahan," kata Simon Robson, anggota tim dan profesor di Universitas Sydney, dikutip dari DPA, Jumat (22/2/2019).

Menurut dia, penemuan ini membangkitkan harapan kembali bahwa ada banyak hutan di Maluku yang mungkin menjadi rumah bagi spesies sangat langka ini.

Lebah betina mencapai panjang 3,8 sentimeter dan memiliki bentang sayap lebih dari 6 cm. Sedangkan jantan lebih kecil yakni memiliki panjang sekitar 2,3 cm.

Serangga ini diberi nama sesuai dengan ilmuwan Inggris Alfred Russel Wallace yang merumuskan teori evolusi melalui seleksi alam, sebelum lahir teori Charles Darwin.

Wallace mengumpulkan spesies ini untuk pertama kalinya pada 1858 sambil menjelajahi pulau Bacan di Indonesia.

Spesies itu dianggap punah hingga ditemukan kembali pada 1981 oleh Adam Messer, ahli entomologi Amerika. Dia juga menemukan enam sarang di pulau Bacan dan dua pulau terdekat lainnya. Namun sejak itu lebah ini tidak terlihat lagi.


Editor : Anton Suhartono