Lebih dari 100 Orang Tewas akibat Serangan Rudal dan Drone di Yaman

Nathania Riris Michico ยท Senin, 20 Januari 2020 - 07:42 WIB
Lebih dari 100 Orang Tewas akibat Serangan Rudal dan Drone di Yaman

Pemberontak Houthi yang didukung Iran berpawai di jalan-jalan di ibu kota Sanaa. (FOTO: AFP Photo / MOHAMMED HUWAIS)

DUBAI, iNews.id - Lebih dari 100 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan rudal dan drone pemberontak Houthi di Yaman tengah. Houthi menyerang sebuah masjid di sebuah kamp militer di provinsi tengah Marib -sekitar 170 kilometer timur ibu kota Sanaa- saat salat isya.

"Kami mengutuk keras serangan teroris di sebuah masjid oleh milisi Houthi yang menewaskan lebih dari 100 orang dan puluhan lainnya luka-luka," demikian pernyataan kementerian luar negeri Yaman, seperti dilaporkan AFP.

Seorang juru bicara militer mengatakan, mereka yang tewas termasuk tentara dan warga sipil, dan bahwa Houthi akan menghadapi pembalasan kejam atas serangan itu.

Para korban diangkut ke rumah sakit Kota Marib. Sumber medis sebelumnya menyebut jumlah korban tewas 83 orang dan 148 terluka.

Televisi Al-Hadath milik Arab Saudi menyiarkan video yang menunjukkan akibat serangan itu.

BACA JUGA: 70 Tentara Yaman Tewas Dibom Pemberontak Houthi saat Salat Isya di Masjid

Beberapa potongan tubuh tampak berserakan di tanah di antara puing-puing yang hancur. Darah terlihat di karpet dan terciprat ke dinding.

Serangan drone dan rudal itu terjadi sehari setelah pasukan pemerintah yang didukung koalisi melancarkan operasi besar-besaran terhadap Houthi di wilayah Nihm, utara Sanaa.

Pertempuran di Nihm sedang berlangsung pada Minggu (19/1/2020), sebuah sumber militer mengatakan menurut kantor berita resmi Saba.

"Puluhan dari milisi (Houthi) terbunuh dan terluka," ujar sumber itu.


Editor : Nathania Riris Michico