Ledakan Hantam Pangkalan Udara Rusia di Krimea, 1 Orang Tewas 8 Luka-Luka

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 10 Agustus 2022 - 08:09:00 WIB
Ledakan Hantam Pangkalan Udara Rusia di Krimea, 1 Orang Tewas 8 Luka-Luka
Ilustrasi ledakan. (Foto: Ist.)

SEVASTOPOL, iNews.idLedakan menghantam sebuah pangkalan udara Rusia di tepi laut di Semenanjung Krimea, Selasa (9/8/2022). Satu orang tewas dalam insiden itu.

Moskow menyatakan, ledakan itu berasal dari amunisi yang disimpan di lokasi tersebut, bukan hasil serangan pihak mana pun. Saksi mata mengatakan, mereka telah mendengar setidaknya 12 ledakan sekitar pukul 15.20 waktu setempat (19.20 WIB) dari Pangkalan Udara Saky yang berada di dekat Kota Novofedorivka di pantai barat Krimea.

Krimea sejak dulu menjadi tujuan liburan bagi banyak orang Rusia. Wilayah itu dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014 dan digunakan Moskow sebagai salah satu landasan peluncuran untuk agresi militernya ke Kiev pada Februari lalu.

Sampai sejauh ini, Krimea masih luput dari pemboman dan pertempuran artileri seperti yang diderita daerah-daerah lain di Ukraina bagian timur dan selatan.

Kementerian pertahanan Rusia menyatakan, tidak ada serangan dan tidak ada peralatan penerbangan yang rusak.

Pihak Ukraina pun membantah bertanggung jawab atas ledakan itu. Ajudan Presiden Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak mengatakan, ledakan itu bisa saja terjadi karena ketidakmampuan Rusia dalam menjaga fasilitas tempurnya, atau juga karena serangan partisan.

“Orang-orang yang hidup di bawah pendudukan (Rusia) memahami bahwa pendudukan itu akan segera berakhir,” kata Podolyak kepada saluran televisi online Dozhd.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda