Ledakan Reaktor Nuklir Chernobyl, Bencana Nuklir Terburuk dalam Sejarah Dunia

Ami Heppy S ยท Selasa, 13 September 2022 - 17:36:00 WIB
Ledakan Reaktor Nuklir Chernobyl, Bencana Nuklir Terburuk dalam Sejarah Dunia
Ledakan Reaktor Nuklir Chernobyl, Bencana Nuklir Terburuk dalam sejarah dunia (Foto: Nomadsoulphotos)

JAKARTA, iNews.id - Ledakan reaktor nuklir Chernobyl menjadi bencana nuklir terburuk dalam sejarah dunia. Pada bulan April 1986, pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl dilalap api besar setelah kegagalan fungsi selama pemeriksaan keamanan.

Peristiwa di Chernobyl ini menjadi salah satu kecelakaan nuklir terburuk di dunia. Kerugian yang diakibatkan peristiwa ini ditaksir mencapai USD 590 miliar atau sekitar Rp8.786 triliun. 

Selain kerugian material, peristiwa ini juga menelan banyak korban jiwa. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang peristiwa ledakan reaktor nuklir Chernobyl yang merupakan bencana nuklir terburuk dalam sejarah dunia.

Ledakan Reaktor Nuklir Chernobyl, Bencana Nuklir Terburuk dalam Sejarah Dunia

Bencana Chernobyl merupakan peristiwa kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terjadi pada 1986. Pembangkit listrik Chernobyl terletak di pemukiman Pripyat, 16 km barat laut kota Chernobyl dan 104 km utara Kyiv, Ukraina. Stasiun ini terdiri atas empat reaktor, dimana masing-masing mampu menghasilkan 1.000 megawatt tenaga listrik.

Menurut Britannica, bencana nuklir terburuk dalam sejarah tersebut terjadi pada 25-26 April 1986 saat teknisi di reaktor unit 4 mencoba eksperimen yang dirancang dengan buruk. 

Para pekerja mematikan sistem pengatur daya reaktor dan sistem keselamatan daruratnya. Kemudian mereka menarik sebagian besar batang kendali dari intinya sambil membiarkan reaktor terus berjalan dengan daya 7 persen. 

Kesalahan ini diperparah oleh kesalahan lainnya, dan pada pukul 01.23 tanggal 26 April, reaksi berantai di inti menjadi tidak terkendali. Beberapa ledakan memicu bola api besar dan meledakkan baja berat dan tutup beton reaktor. 

Ini dan kebakaran berikutnya di inti reaktor grafit melepaskan sejumlah besar bahan radioaktif ke atmosfer.

Ledakan uap yang dihasilkan dan kebakaran melepaskan setidaknya 5% dari inti reaktor radioaktif ke lingkungan, dengan pengendapan bahan radioaktif di banyak bagian Eropa.

Dampak Mengerikan Bencana Chernobyl

Pada tanggal 27 April, sekitar 30.000 penduduk Pripyat mulai dievakuasi. Beberapa sumber mengatakan bahwa dua orang tewas dalam ledakan awal, namun beberapa sumber lain melaporkan bahwa jumlah korban yang sebenarnya adalah mendekati 50 orang. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda