Li Ka Shing, Taipan Hong Kong Terkaya Ke-4 di Asia Umumkan Pensiun

Anton Suhartono ยท Jumat, 16 Maret 2018 - 16:22 WIB
Li Ka Shing, Taipan Hong Kong Terkaya Ke-4 di Asia Umumkan Pensiun

Li Ka Shing (Foto: Reuters)

HONG KONG, iNews.id - Orang terkaya di Hong Kong atau keempat di Asia, Li Ka Shing, mengumumkan rencana pensiun, Jumat (16/3/2018). Dia mundur sebagai pemimpin perusahaan CK Hutchison.

"Saya memutuskan untuk mundur sebagai pemimpin dari grup perusahaan dan akan menyampaikan pensiun dari posisi direktur eksekutif di pertemuan tahunan perusahaan," kata Li, dalam pernyataannya, yang dikutip dari AFP.

Spekulasi soal mundurnya Li dari perusahaan sebenarnya sudah beredar lama. Pria yang pada Juli mendatang genap 90 tahun itu akan menyerahkan operasional perusahaan kepada anak tertuanya, Victor. Sementara Li akan menjadi penasihat senior.

Sebelumnya, Li selalu tertutup saat ditanya mengenai rencana pensiun. Namun gelagat ini sudah terlihat pada 2015, yakni sejak dia melakukan perubahan di perusahaan dan menyerahkan tugas-tugas penting ke Victor.

Majalah Forbes dalam laporan miliarder terkaya di dunia 2018 menempatkan Li Ka Shing dalam urutan keempat di Asia, dengan kekayaan USD34,9 miliar atau sekitar Rp472,4 triliun (kurs USD1 = Rp13.538).

Posisinya masih di atas kekayaan pengusaha Indonesia keluarga Hartono yang total hartanya USD34,2 miliar. Sementara di level internasional, Li menempati posisi ke-23.

Editor : Anton Suhartono