Luar Biasa! Hiu Ternyata Punya GPS Alami saat Menjelajahi Laut

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 17 Mei 2021 - 15:46:00 WIB
Luar Biasa! Hiu Ternyata Punya GPS Alami saat Menjelajahi Laut
Ilustrasi hiu sedang menjelejahi samudera. (Foto: Ist.)

JAKCSONVILLE, iNews.idPenelitian terbaru mengungkap fakta terbaru tentang hiu. Menurut temuan para ilmuwan, hewan itu menggunakan medan magnet bumi sebagai semacam GPS (global positioning system) alami untuk membantu perjalanan yang membawa mereka jauh melintasi lautan dunia.

Para peneliti mengatakan, eksperimen laboratorium laut terhadap spesies kecil hiu mengonfirmasi spekulasi lama bahwa satwa tersebut menggunakan medan magnet sebagai alat bantu navigasi. Perilaku serupa juga teramati pada hewan laut lain seperti penyu.

Studi yang diterbitkan bulan ini di jurnal Current Biology itu juga menjelaskan kemampuan hiu melintasi laut dan menemukan jalan kembali untuk mencari makan, berkembang biak, dan melahirkan.

“Kami tahu bahwa hiu dapat merespons medan magnet. Tapi kami tidak tahu bahwa mereka mendeteksinya untuk digunakan sebagai bantuan dalam navigasi,” ungkap spesialis kebijakan kelautan Bryan Keller, seperti dikutip Associated Press, akhir pekan lalu. 

“Hiu dapat menempuh jarak 20.000 kilometer dan berakhir di tempat yang sama,” ucap pria yang juga menjadi salah satu penulis dalam penelitian itu.

Misteri tentang cara hiu bermigrasi dalam jarak yang jauh telah menarik perhatian para peneliti selama bertahun-tahun. Hiu melakukan perjalanan di laut terbuka dan menemukan beberapa ciri fisik seperti karang yang dapat menjadi penanda daerah yang mereka lewati.

Demi mengungkap misteri itu, para ilmuwan yang berbasis di Universitas Negeri Florida, Amerika Serikat, memutuskan untuk mempelajari perilaku hiu bonnethead. Hiu tersebut adalah sejenis hiu martil yang hidup di kedua pantai Amerika dan kembali ke muara yang sama setiap tahun.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2