Lupakan Anwar Ibrahim, Mahathir Dukung Shafie Apdal Jadi Calon PM Malaysia

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:32 WIB
Lupakan Anwar Ibrahim, Mahathir Dukung Shafie Apdal Jadi Calon PM Malaysia

Shafie Apdal (kiri) saat menghadiri acara kenegaraan di Malaysia, 11 tahun silam. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Politikus senior Malaysia, Mahathir Mohamad, beberapa waktu belakangan ini kembali mengincar kursi perdana menteri untuk ketiga kalinya. Namun, kini dia telah memberikan dukungannya kepada pemimpin Partai Warisan Sabah, Shafie Apdal, untuk meraih jabatan tersebut.

Keputusan itu muncul menyusul kebuntuan komunikasi politik yang berlangsung selama sepekan terakhir di dalam Pakatan Harapan. Koalisi partai-partai oposisi itu kembali terpecah antara mendukung Mahathir atau mantan wakilnya, Anwar Ibrahim, sebagai kandidat perdana menteri Malaysia mendatang.

Tun Dr Mahathir menyatakan, dia akan mendukung Shafie—yang saat ini menjabat kepala menteri Sabah—untuk menjadi PM Malaysia selanjutnya. Untuk sekadar diketahui, jabatan kepala menteri setara dengan gubernur di Indonesia. Dukungan kepada Shafie disampaikan Mahathir selama pertemuan dengan anggota fraksinya di Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), kemarin.

“Meskipun saya tidak dicalonkan, ini ada seseorang yang bersama saya dan kita (PPBM), karena dia menentang kleptokrasi,” kata Dr Mahathir saat memperkenalkan Shafie Apdal dalam pertemuan itu, menurut The Malaysian Insight seperti dikutip kembali The Straits Times, Sabtu (27/6/2020).

“Inilah sebabnya kita harus mendukung Shafie. Mendukungnya seperti mendukung saya,” ujarnya.

Kelompok oposisi di Parlemen Malaysia yang kini dinamai Pakatan Harapan Plus, tengah mengalami ketegangan internal. Ketegangan itu munucl setelah Partai Keadilan Rakyat (PKR) pimpinan Anwar Ibrahim menolak mendukung usulan agar Dr Mahathir kembali sebagai perdana menteri selama enam bulan, jika mereka berhasil merebut kekuasaan federal.

Mahathir, sebaliknya, telah mengancam akan memutuskan hubungan dengan PKR dan hanya bekerja dengan dua partai Pakatan Harapan lainnya, yaitu DAP dan Partai Amanah Negara.

Baik DAP maupun Amanah, telah mendukung upaya Mahathir untuk kembali sebagai kandidat PM dari koalisi Pakatan Harapan Plus. Akan tetapi, belum diketahui bagaimana penerimaan kedua partai itu terhadap Shafie yang dicalonkan Mahathir untuk jabatan itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil