Mahathir Mohamad Tegaskan Siap Mundur Kapan pun

Anton Suhartono ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 10:57 WIB
Mahathir Mohamad Tegaskan Siap Mundur Kapan pun

Mahathir Mohamad (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Mahathir Mohamad siap mundur sebagai perdana menteri Malaysia kapan pun jika dewan kepresidenan koalisi Pakatan Harapan sudah memutuskan.

Pria 94 tahun itu menegaskan akan tunduk dengan keputusan dewan koalisi jika mereka tak menginginkannya meneruskan jabatan.

“Saya kira ini akan diputuskan oleh keempat partai koalisi, apakah mereka ingin saya mundur atau tidak. Jika mereka ingin saya mundur, saya akan mundur sekarang," kata Mahathir, dikutip dari The Star, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga: Mahathir: Saya Tetap Serahkan Jabatan PM ke Anwar, kecuali Ditodong Pistol

Pernyataan ini disampaikan Mahathir sebagai tanggapan atas usulan beberapa anggota parlemen Partai Keadilan Rakyat (PKR) bahwa dia harus menyerahkan jabatan PM kepada Anwar Ibrahim pada Mei 2020. Anwar merupakan presiden PKR.

Sebelumnya Mahathir berkali-kali menegaskan bahwa dia akan menyerahkan tongkat kepemimpinan ke Anwar namun tidak sebelum KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang berlangsung di Malaysia pada November 2020.

Anggota parlemen PKR dari daerah pemilihan Selayang, William Leong, mengatakan dewan Pakatan Harapan harus segera membahas pergantian kepemimpinan.

“Dewan kepresidenan Pakatan harus menggelar pertemuan segera untuk menetapkan tanggal penyerahan kepemimpinan pada Mei 2020. Ini akan memberikan kepastian dan arahan yang jelas bagi ekonomi dan situasi politik di negara ini," kata Leong.

Direktur komunikasi PKR Fahmi Fadzil menyerahkan sepenuhnya kepada dewan kepresidenan Pakatan Harapan untuk membahas masalah ini.

“Ini adalah tahun sangat penting. Ekonomi harus diperkuat dan masalah terkait transisi dan ekonomi harus diselesaikan dengan pandangan ke depan dan dengan pemahaman yang lengkap antara semua pihak," kata Fahmi.

Baca Juga: Mahathir Mohamad: Jika Saya Melanggar Hukum, juga Masuk Penjara

Sementara itu Wakil Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia Abdul Rashid Abdul Rahman menilai Mahathir harus diberi kesempatan meneruskan kepemimpinan sampai periode jabatannya selesai. Alasannya, Mahathir memiliki program besar untuk Malaysia. Mahathir merupakan pemimpin Partai Pribumi Bersatu.

“Biarkan dia memetakan dan menyelesaikan beberapa program ini. Ini adalah program yang bagus untuk negara, termasuk memulihkan apa yang telah hilang dari negara ini sejak tahun terakhir," ujarnya.


Editor : Anton Suhartono