Mantan Pilot Jet Tempur AS Ungkap Fakta Pertemuan dengan UFO

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 13 September 2020 - 15:22:00 WIB
Mantan Pilot Jet Tempur AS Ungkap Fakta Pertemuan dengan UFO
Mantan pilot pesawat tempur Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat, David Fravor. (foto: Boston Herald)

CALIFORNIA, iNews.id - Salah satu mantan pilot pesawat tempur Amerika Serikat yang sempat menyaksikan benda terbang misterius (UFO) membeberkan sejumlah fakta. Dia mengatakan UFO bermanuver seperti tengah bertempur.

Komandan David Fravor menceritakan pengalamannnya membuntuti sebuah UFO dalam wawancara podcast dengan ilmuwan Institut Teknologi Massachusetts, Lex Fridman. Kepada Fridman, Fravor mengatakan saat menjalankan misinya mengikuti sebuah benda tak dikenal pada November 2004 dirinya dibuat terkejut dengan kemampuan manuver benda berbentuk aneh.

Menurut mantan pilot Angkatan Laut AS itu, UFO tidak seperti benda lain yang pernah dia temui selama menjalankan tugasnya. Benda tersebut, kata Fravor, bergerak tak beraturan dengan sangat cepat, serta mampu melakukan manuver tajam layaknya sedang menghindari serangan senjata musuh.

Tangkapan layar video terpantau kamera pengintai pesawat tempur AS pada 2004. (foto: Dephan AS)
Tangkapan layar video terpantau kamera pengintai pesawat tempur AS pada 2004. (foto: Dephan AS)

Video rekaman hitam putih yang dibuat oleh Fravor dan rekannya itu akhirnya diungkap oleh Departemen Pertahanan (Dephan) pada 2017 lalu.

"Saya melihat cahaya di langit dan kemudian menghilang begitu saja. Kami melakukannya dalam kondisi langit cerah dengan empat pengamat terlatih," ungkap Fravor dikutip dari Russia Today, Minggu (13/9/2020).

"Saat saya berusaha mendekatinya, benda tersebut tiba-tiba berbelok dengan sangat cepat dan seperti bukan pesawat kami (manusia)," lanjutnya.

Sesampainya di darat, Fravor meminta petugas pemantau radar melacak sinyal terakhir benda tersebut. Namun, apa yang didapat pergerakan UFO tidak terdeteksi.

"Awasi apapun yang ada di sana (layar radar), saya ingin merekam jejaknya dan menjadikannya sebuah file untuk mengetahui dimana mereka, seberapa cepat dan arah yang dituju."

"Rada cukup pintar, pada saat sinyal mereka kembali maka akan bisa menggambarkan dimana mereka. Akan tetapi, dapat dikatakan sinyal kembali hilang, dan ini mengindikasikan bahwa radar kami yang diacak oleh mereka," ujarnya.

Puluhan tahun bertugas sebagai pilot pesawat tempur, Fravor tak menyangka akan menyaksikan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang belum pernah dibuat oleh manusia sejauh ini. Dia meyakini UFO bukan wahana buatan manusia seperti yang banyak teori konspirasi kemukakan.

"Saya tidak suka menjadi makhluk hijau kecil (alien) tetapi saya tidak berpikir kami telah mengembangkannya."

"Saya pikir Anda bisa menyembunyikan sesuatu untuk sementara waktu. Ini merupakan lompatan besar dalam teknologi," tuturnya.

Editor : Arif Budiwinarto