Curiga UFO Drone Mata-mata China, Dephan AS Bentuk Gugus Tugas Baru

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:30:00 WIB
Curiga UFO Drone Mata-mata China, Dephan AS Bentuk Gugus Tugas Baru
Departemen Pertahanan (Dephan) Amerika Serikat membentuk Satuan Tugas Penyelidik UFO guna mengindentifikasi benda asing tak dikenal tersebut. AS mengkhawatirkan UFO merupakan drone mata-mata China. (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Pentagon tengah menyiapkan satuan tugas baru di bawah Angkatan Laut (AL) untuk menyelidiki penampakan UFO.

"Departemen Pertahanan (Dephan) Amerika Serikat berharap pembentukan Satuan Tugas untuk Fenomena Udara Tak Teridentifikasi (UAPTF) dapat meningkatkan pemahaman serta memperoleh wawasan lebih terperinci tentang asal-usul dan sifat UFO," kata Juru Bicara Pentagon, Susan Gough dikutip dari AFP, Sabtu (15/8/2020).

Alih-alih mengungkap keberadaan alien yang kerap dihubungkan dengan UFO, Washington sebenarnya lebih khawatir benda terbang misterius tersebut sebagai "upaya mata-mata China" menggunakan drone atau sarana udara lainnya.

"Misi gugus tugas ini adalah untuk mendeteksi, menganalisis, dan membuat katalog UFO yang berpotensi menjadi ancaman bagi keamanan nasional AS," lanjutnya.

Pentagon akan menganggap setiap "kemunculan pesawat tidak dikenal ke dalam wilayah udara maupun area latihan AS sebagai ancaman sangat serius dan laporannya harus diperiksa."

"Ini termasuk pemeriksaan serangan yang pada awalnya dilaporkan sebagai UFO saat pengamat tidak dapat segera mengindentifikasi apa yang dia lihat," tambahnya.

Wakil Menteri Pertahanan AS, David Norquist telah menyetujui pembentukan gugus tugas baru terkait UFO pada 4 Agustus lalu.

Komite Intelijen Senat AS pada Juni lalu mengatakan ingin mengatur program UFO Pentagon, dengan mengonfirmasi keberadaan kelompok kerja informal yang diungkap oleh New York Times pada 2017.

Pada Desember 2017, Pentagon mengakui mendanai program rahasia bernilai ratusan juta dolar AS untuk menyelidiki penampakan UFO.

April lalu, Pentagon secara resmi merilis tiga video hitam putih yang diambil oleh pilot Angkatan Laut AS yang menunjukkan pertemuan dengan benda diduga UFO.

Salah satu video tersebut diketahui diambil pada November 2004, serta dua video lainnya pada Januari 2015.

Dalam salah satu tayangan video hitam-putih tersebut, sistem pengunci senjata jet tempur AL Amerika gagal mengunci objek lonjong yang bergerak sangat cepat. Dalam hitungan detik, benda tersebut berbelok tajam dan kemudian hilang dari pandangan.

Sedangkan dalam rekaman video lainnya, seorang pilot yang keheranan melihat benda aneh tersebut kemudian bertanya-tanya apakah itu drone.

Editor : Arif Budiwinarto