Mantan Presiden Sri Lanka Rajapaksa Hidup Terkatung-katung, Minta Perlindungan ke Thailand

Anton Suhartono ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:22:00 WIB
Mantan Presiden Sri Lanka Rajapaksa Hidup Terkatung-katung, Minta Perlindungan ke Thailand
Gotabaya Rajapaksa dilaporkan akan meminta perlindungan ke Thailand setelah masa tinggalnya di Singapura berakhir (Foto: AP)

KOLOMBO, iNews.id - Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dilaporkan akan melanjutkan pelariannya ke Thailand setelah masa tinggal di Singapura berakhir. Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka setelah rakyat mendesaknya mundur, buntut dari krisis ekonomi terparah negara itu sejak meraih kemerdekaan pada 1948.

Dua orang sumber di Sri Lanka mengatakan kepada Reuters, pria 73 tahun itu diperkirakan akan tiba di Thailand Kamis (11/8/2022) guna mencari perlindungan sementara.

Dia pertama kali melarikan diri ke Maladewa, namun mendapat penolakan dari rakyat. Setelah itu Rajapaksa pindah ke Singapura pada 14 Juli sekaligus menyampaikan pengunduran diri sebagai presiden ke parlemen. Otoritas Singapura sempat dilaporkan tak akan memperpanjang masa tinggal Rajapaksa, namun akhirnya diberi waktu 2 pekan lagi.

Pemerintah Singapura menegaskan tidak memberikan hak istimewa atau kekebalan apa pun. Kedatangan Rajapaksa dianggap kunjungan pribadi. Pensiunan perwira militer itu menjadi presiden Sri Lanka pertama yang berhenti di tengah masa jabatan.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Sri Lanka menolak berkomentar soal kabar pelarian Rajapaksa ke Thailand. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda