Mantan Ratu Kecantikan Nikaragua Ditahan Aparat gara-gara Ikut Pilpres

Ahmad Islamy Jamil · Kamis, 05 Agustus 2021 - 06:34:00 WIB
Mantan Ratu Kecantikan Nikaragua Ditahan Aparat gara-gara Ikut Pilpres
Mantan Ratu Kecantikan Nikaragua, Berenice Quezada. (Foto: Reuters)

MANAGUA, iNews.id – Pihak berwenang Nikaragua menahan seorang mantan ratu kecantikan yang berencana mencalonkan diri pada pemilihan presiden (pilpres) November nanti, Berenice Quezada. Kabar tersebut itu diungkapkan oleh partai pendukungnya, Rabu (4/8/2021). 

Penangkapan Quezada menjadi tindakan keras terbaru yang dilakukan pemerintah Presiden Daniel Ortega terhadap kelompok oposisi. Selama berbulan-bulan, rezim itu menahan banyak lawan politik, termasuk calon presiden, menjelang Pilpres 2021.

Ortega, seorang mantan pejuang Marxis dan musuh Amerika Serikat selama era Perang Dingin akan mencalonkan diri untuk masa jabatannya yang keempat berturut-turut.

Quezada, yang meraih gelar Miss Nikaragua pada 2017, ditahan aparat pada Selasa (3/8/2021) malam waktu setempat. Dia ditempatkan di bawah tahanan rumah, menurut partai pendukungnya, Aliansi Warga untuk Liberty (ACXL).

“Quezada berada di bawah tahanan rumah tanpa akses ke telepon, dengan pencegahan ke luar negeri dan dilarang mencalonkan diri untuk jabatan publik,” cuit ACXL seperti dikutip Reuters, Kamis (5/8/2021).

“Kami menuntut agar dia dibebaskan dan hak asasi Berenice Quezada dihormati,” kata partai itu lagi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2