Master Kungfu Ini Umumkan Ikut Pemilu, Ingin Rebut Kursi Kepemimpinan Hong Kong

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 19 Januari 2022 - 11:11:00 WIB
Master Kungfu Ini Umumkan Ikut Pemilu, Ingin Rebut Kursi Kepemimpinan Hong Kong
Tangkapan layar video ketika Master kungfu Sin Kwok Lam menyatakan niatnya untuk mencalonkan diri dalam Pemilu Hong Kong. (Foto: screengrab YouTube)

HONG KONG, iNews.id – Master kungfu yang juga produser film laga, Sin Kwok Lam, hari ini menyatakan niatnya untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Hong Kong. Dia ingin memperebutkan kursi kepemimpinan di kota itu.

Pengumuman oleh pria berusia 65 tahun itu cukup mengejutkan publik di sana. Pasalnya, Kepala Eksekutif petahana Hong Kong, Carrie Lam, hingga saat ini belum lagi mengonfirmasi apakah dia akan mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan keduanya.

Reuters melansir, Sin adalah orang pertama yang mengumumkan pencalonannya menjelang Pemilu Hong Kong yang bakal digelar pada 27 Maret. Sementara Carrie Lam, yang telah memimpin Hong Kong selama beberapa periode paling kacau dalam sejarah kota bekas jajahan Inggris itu, akan mengakhiri masa jabatannya pada Juni nanti.

Kandidat yang hendak mencalonkan diri sebagai kepala eksekutif membutuhkan dukungan dari komite pemilihan yang kuat yang dibentuk oleh 1.500 orang pro-Beijing di Hong Kong. Masih belum jelas apakah Sin telah mendapat dukungan semacam itu.

Dalam video yang diunggah di laman YouTube, Sin mengatakan, para pendukungnya di dunia maya telah memintanya untuk mempertimbangkan lagi keputusan tersebut. Mereka pun berharap agar master kungfu itu tidak terlibat dalam politik praktis.

“Di bawah sistem pemilihan baru, saya percaya setiap patriot yang mampu dan dapat diandalkan dapat bergabung dalam pemilihan kepala eksekutif yang baru. Saya percaya bahwa saya memiliki kemampuan untuk menang,” ujar Sin yakin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: