Mau Perbaiki Hubungan? China Minta AS Setop Ikut Campur Urusan Dalam Negeri

Djairan ยท Senin, 22 Februari 2021 - 16:09:00 WIB
Mau Perbaiki Hubungan? China Minta AS Setop Ikut Campur Urusan Dalam Negeri
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menyatakan negaranya dan Amerika Serikat bisa bekerja sama dalam masalah penting seperti penanganan pandemi Covid-19 hingga perubahan iklim. Namun, itu semua menurutnya bisa dilakukan jika pemerintahan Joe Biden mau memperbaiki hubungan bilateral yang rusak.

Wang, diplomat senior yang juga anggota Dewan Negara mengatakan, Beijing siap untuk membuka kembali dialog konstruktif dengan Washington DC, setelah hubungan kedua negara memburuk dalam berbagai kontroversi yang dihadirkan mantan presiden AS, Donald Trump.

“Selama beberapa tahun terakhir, AS pada dasarnya memutuskan dialog bilateral di semua lini. Kami siap saja untuk berkomunikasi dengan jujur dengan pihak AS, untuk memecahkan masalah,” kata Wang, dikutip Reuters, Senin (22/2/2021).

Wang meminta AS untuk menghapus tarif khusus atas barang-barang China dan menghentikan segala bentuk tekanan dan penindasan tak masuk akal terhadap sektor teknologi China. Langkah-langkah itu, kata dia, akan menciptakan kerja sama yang kondusif.

Wang juga mendesak Washington DC untuk menghormati kepentingan nasional China, berhenti “mencoreng” Partai Komunis China (PKC) dengan berbagai tuduhan. Dia juga mengingatkan AS agar berhenti mencampuri urusan dalam negeri China dan berhenti berkomplot dengan pasukan separatis untuk kemerdekaan Taiwan.

Seeprti diketahui, AS dan China bersitegang di berbagai bidang termasuk perdagangan, tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap kelompok minoritas Muslim Uighur di kamp-kamp Xinjiang, hingga terlibat permasalahan klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan.

Wang menyebut dialog via telepon yang baru-baru ini dilakukan Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden sebagai langkah positif.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2