Meghan Markle Tuntut Ganti Rugi Rp30 Miliar Setelah Menangkan Kasus dari Tabloid Inggris

Djairan ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 17:38:00 WIB
Meghan Markle Tuntut Ganti Rugi Rp30 Miliar Setelah Menangkan Kasus dari Tabloid Inggris
Meghan Markle menuntut ganti rugi Rp30 miliar kepada tabloid Inggris setelah memenangkan gugatan pelanggaran privasi (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Meghan Markle, istri Pangeran Harry, menuntut ganti rugi sebesar 1,5 juta poundsterling atau sekitar Rp30 miliar setelah memenangkan gugatan atas pelanggaran privasi yang dilakukan tabloid Inggris Mail on Sunday.

Bulan lalu, hakim Pengadilan Tinggi London, Mark Warby, memutuskan tabloid tersebut bersalah melanggar privasi Meghan, dengan menerbitkan bagian dari surat setebal lima halaman yang ditulis untuk ayahnya Thomas Markle. 

Surat itu berisi informasi sensitif soal perselisihan Meghan dengan sang ayah di malam pernikahannya dengan Pangeran Harry.

Dalam sidang pada Selasa (2/3/2021) dengan agenda penentuan biaya ganti rugi, pengacara Meghan, Ian Mill, menuntut pembayaran 1,5 juta poundsterling, dengan setengah dari jumlah itu harus dibayar dalam waktu 14 hari.

Mail on Sunday juga diminta menyerahkan salinan surat pribadi Meghan yang dimilikinya. Tak hanya itu, tabloid tersebut juga diminta memuat pernyataan bahwa Meghan memenangkan gugatan sebagai tajuk utama serta dimuat di platform online selama 6 bulan.

“Alasan mengapa penggugat meminta hakim memutuskan hal tersebut adalah untuk mencegah pelanggar di masa mendatang,” kata Mill, dalam dokumen gugatan, dikutip dari Reuters, Rabu (3/3/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2