Mencekam, Asap Penuhi Kabin Pesawat British Airways Rute London Menuju Valencia

Anton Suhartono ยท Selasa, 06 Agustus 2019 - 14:02 WIB
Mencekam, Asap Penuhi Kabin Pesawat British Airways Rute London Menuju Valencia

Asap memenuhi kabin pesawat British Airways (Foto: Twitter)

LONDON, iNews.id - Penumpang British Airways BA 442 rute London, Inggris, menuju Valencia, Spanyol, dievakuasi setelah asap memenuhi kabin pesawat dalam penerbangan pada Senin (5/8/2019) malam.

Asap memenuhi kabin beberapa saat sebelum pesawat Airbus A321 itu mendarat di bandara Valencia. Kru mengumumkan situasi darurat dan melakukan evakuasi di tengah landasan setelah pesawat berhenti.

Para penumpang turun dengan meluncur menggunakan slide darurat yang terdapat di beberapa pintu.

Tak ada penumpang yang mengalami luka serius. Tiga orang sempat dibawa ke rumah sakit namun sudah diperbolehkan pulang.

BA menyampaikan permintaan maaf kepada 175 penumpang atas insiden ini.

"(Pesawat) Mengalami gangguan teknis," bunyi pernyataan BA, dikutip dari BBC, Selasa (6/8/2019), seraya menambahkan dua pilot dan enam kru kabin membantu penumpang sampai ke terminal.

Seorang penumpang, Gayle Fitzpatrick, berbagi cerita mengenai kondisi kabin saat asap muncul. Kepanikan penumpang membuat suasana semakin mencekam. Apalagi mereka melihat para kru mengenakan masker dan pakaian antiapi.

"Tidak ada pemberitahuan dari kru, beberapa di antaranya memakai masker oksigen penuh dan pakaian pelindung api. Orang-orang mulai menangis dan terengah-engah. Benar-benar menakutkan," kata perempuan asal Glasgow yang ke Spanyol untuk berlibur dengan suaminya itu.

Penumpang lain, Rachel Jupp, mengatakan, asap memenuhi kabin dengan sangat cepat yakni sekitar 10 menit sebelum pesawat mendarat.

Senada dengan Fitzpatrick, Jupp mengatakan tidak ada pemberitahuan dari kru tentang apa yang terjadi saat asap putih muncul melalui sistem pendingin udara.

"Sangat cepat, tidak bisa melihat penumpang dua kursi dari Anda," kata perempuan yang hendak berlibur bersama keluarganya itu.

Meski demikian, dia memuji kesigapan pilot dengan mendaratkan pesawat dengan lancar.

"Kami kemudian mengetahui bahwa kokpit penuh dengan asap dan dia memakai masker," ujarnya.

Jupp mengatakan, kru sempat kesulitan membuka pintu darurat sehingga memakan waktu sampai 3 hingga 4 menit.

Penumpang kemudian meluncur ke landasan pacu dan diperintahkan berlari sejauh mungkin dari pesawat.

Sementara itu, untuk penerbangan balik ke London, BA mengirim pemberitahuan kepada penumpang lewat email bahwa mereka akan diterbangkan dengan pesawat pengganti. Penumpang yang terkena dampak diberikan fasilitas akomodasi gratis di hotel terdekat.

Editor : Anton Suhartono