Mengejutkan, Kota di Prancis Ini Ubah Aturan Bolehkan Muslimah Berenang Pakai Burkini

Anton Suhartono · Selasa, 17 Mei 2022 - 18:26:00 WIB
Mengejutkan, Kota di Prancis Ini Ubah Aturan Bolehkan Muslimah Berenang Pakai Burkini
Kota Grenoble di Prancis membolehkan Muslimah berenang menggunakan burkini (Foto: Reuters)

GRENOBLE, iNews.id - Sebuah kota di Prancis, Grenoble secara mengejutkan mengubah aturan bagi para Muslimah. Mereka diperbolehkan mengenakan pakaian menutup aurat atau biasa disebut burkini saat berenang di tempat umum yang dikelola pemerintah.

Baju renang yang biasa digunakan Muslimah untuk menutupi tubuh dan rambut saat berenang menjadi kontroversi selama musim liburan Prancis beberapa tahun terakhir. Kelompok sayap kanan dan feminisme menilai penggunaan simbol Islam merupakan penghinaan terhadap tradisi sekuler di Prancis. Mereka mendukung pelarangan tersebut.

Namun pemerintah melarang burkini bukan karena alasan agama, melainkan faktor kebersihan. Pemerintah mengharuskan orang yang berenang mengenakan pakaian ketat, termasuk kepada laki-laki.

Aturan baru ini berlaku secara menyeluruh di Grenoble, laki-laki juga boleh mengenakan celana panjang. Namun pemerintah juga membolehkan perempuan berenang sambil bertelanjang dada.

Wali Kota Grenoble Eric Piolle telah lama memperjuangkan langkah itu namun menghadapi perlawanan sengit dari oposisi. Dia berhasil meraih dukungan suara yang cukup dalam voting dewan kota, meski partainya ikut menolak. Hasil voting memenangkan usulan Piolle dengan suara tipis yakni 29 suara melawan 27 yang menentang. Sementara dua orang abstain.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: