Mengenal Kamala Harris, Calon Wapres Kulit Hitam Pertama AS Pendamping Joe Biden

Anton Suhartono ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:29 WIB
Mengenal Kamala Harris, Calon Wapres Kulit Hitam Pertama AS Pendamping Joe Biden

Kamala Harris (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Calon presiden Amerika Serikat Joe Biden resmi menunjuk Kamala Harris, perempuan kulit hitam yang juga senator asal California, menjadi pendampingnya dalam Pemilihan Presiden AS 2020, November mendatang.

Perempuan 55 tahun itu menyingkirkan tujuh kandidat kuat pendamping Biden yang semuanya juga perempuan, di antaranya Susan Rice, Elizabeth Warren, dan Karen Bass.

Pemilihan Harris sangat mengejutkan, bukan hanya karena menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menduduki posisi calon wakil presiden, tapi pernah melawan Biden dalam pencalonan atau premiere presiden di Partai Demokrat, sebelum memutuskan mundur.

Orangtua Harris merupakan imigran, ayahnya sempat menetap di Jamaika dan ibunya India. Dia juga merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjadi jaksa agung California serta perempuan kulit hitam kedua yang terpilih menjadi anggota Senat AS.

Dia lahir di Oakland, California. Setelah orangtuanya bercerai, Harris dibesarkan oleh seorang janda, Shyamala Gopalan yang juga peneliti kanker dan aktivis hak-hak sipil.

Dalam asuhan Shyamala Gopalan, dia tumbuh di tengah budaya India yang kental. Meski demikian Harris mengakui ibunya mengadopsi budaya kulit hitam Oakland yang kental.

"Ibu saya paham betul bahwa dia membesarkan dua anak perempuan kulit hitam," kata Harris dalam otobiografinya berjudul 'The Truths We Hold'.

"Dia tahu bahwa tanah air angkatnya akan melihat Maya dan saya sebagai perempuan kulit hitam dan dia bertekad untuk membuat kami tumbuh menjadi perempuan kulit hitam yang percaya diri dan bangga."

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua