Menhan Sudan Meninggal saat Jalankan Misi Pembicaraan Damai dengan Pemberontak

Anton Suhartono ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 17:49 WIB
Menhan Sudan Meninggal saat Jalankan Misi Pembicaraan Damai dengan Pemberontak

Jamal Al Din Omar (Foto: AFP)

KHARTOUM, iNews.id - Menteri Pertahanan Sudan Jamal Al Din Omar meninggal tiba-tiba akibat sakit kronis, Rabu (25/3/2020).

Saat itu Omar sedang berada di negera tetangga, Sudan Selatan, untuk menghadiri pembicaraan damai dengan kelompok pemberontak di negaranya.

“(Omar) Menderita beberapa penyakit kronis,” kata juru bicara angkatan bersenjata Sudan, Amer Mohamed Al Hassan, dikutip dari AFP.

Amer tak menjelaskan secara rinci penyakit yang diderita pria berpangkat letnan jenderal itu serta bagaimana kondisinya.

Delegasi pemerintah berada di ibu kota Sudan Selatan, Juba, pada Rabu. Disebutkan dalam pernyataan delegasi, Omar meninggal pada pukul 02.30 waktu setempat akibat serangan jantung.

“(Meninggal) Setelah mengalami serangan jantung saat menjalankan tugas suci,” bunyi pernyataan delegasi pemerintah.

Pria kelahiran 1960 itu ditunjuk sebagai menteri pertahanan setelah militer menggulingkan pemerintahan Omar Bashir dari istana pada April 2019, beberapa bulan setelah negara itu diguncang demonstrasi besar.

Sebelum menjadi menhan, Omar sempat mengepalai komisi keamanan dan pertahanan di pemerintahan sementara.

Selain itu, di masa pemerintahan Bashir, dia mengepalai badan intelijen militer dari 2017 sampai 2019.

Kehadirannya ke Sudan Selatan tak lepas dari tugas utamanya untuk menyepakati perdamaian dengan kemlompok pemberontak yang berseteru dengan pemerintahan Bashir di Darfur, Nil Biru, dan Kordofan Selatan.

Dua hari sebelum meninggal, Omar mengungkapkan rasa yakinnya kepada media pemerintah bahwa perdamaian dengan pemberontak akan segera ditandatangani, sehingga bisa membentuk angkatan bersenjata nasional bersama.

Konflik di Darfur saja selama 30 tahun sudah menewaskan 300.000 orang dan 2,5 juta warga lainnya terusir dari rumah.


Editor : Anton Suhartono