Menkes Israel: Krisis Pandemi Covid-19 Dapat Berakir pada Maret 2021

Arif Budiwinarto · Minggu, 06 Desember 2020 - 08:42:00 WIB
Menkes Israel: Krisis Pandemi Covid-19 Dapat Berakir pada Maret 2021
Vaksinasi dianggap sebagai jalan terakhir mengatasi pandemi Covid-19. (foto: AFP)

TEL AVIV, iNews.id - Pejabat kesehatan Israel optimistis krisis pandemi di negaranya akan berakhir pada Maret 2021. Syaratnya, jika program vaksinasi Covid-19 seperti yang direncanakan bisa berjalan sesuai dengan harapan. 

Pernyataan ini bertolak belakang dengan pendapat para ahli kesehatan Israel yang mengatakan vaksin bukan solusi praktis mengatasi pandemi Covid-19 di negara Yahudi. 

Mereka menegaskan perlunya menjalankan protokol kesehatan--seperti pembatasan aktivitas di tempat keramaian, social distancing, serta memakai masker--sebagai upaya preventif menekan penyebaran virus tersebut.

Namun demikian, Menteri Kesehatan (Menkes) Israel Yuli Edelstein tetap pada pendiriannya. Dia menargetkan Israel akan menerima setidaknya seratus ribu dosis vaksin sebelum berakhirnya 2020. 

"Meskipun ada beberapa laporan yang bertentangan, Israel akan menunggu Badan Pengawas Obat dan Mamanan AS untuk menyetujui suntikan vaksin sebelum menggunakannya," kata Edelstein dikutip dari TimesofIsrael, Minggu (6/12/2020). 

"Kementerian sedang bekerja keras menyiapkan logistik kompleks yang diperlukan untuk vaksin, yang menggunakan teknologi baru dan membutuhkan suhu di bawah nol selama transit dan penyimpanan," lanjutnya. 

Warga Israel masih khawatir dengan produk vaksin 

Program vaksinasi yang telah dirancang oleh pemerintah tak serta merta mendapat respons positif dari seluruh penduduk.

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2