Menlu AS dan Rusia Bertemu Bahas Krisis Ukraina, Ini Hasilnya

Anton Suhartono ยท Sabtu, 22 Januari 2022 - 05:58:00 WIB
Menlu AS dan Rusia Bertemu Bahas Krisis Ukraina, Ini Hasilnya
Antony Blinken dan Sergei Lavrov bertemu di Jenewa membahas isu Ukraina (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id - Pertemuan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan mitranya dari Rusia Sergei Lavrov, di Jenewa, Swiss, Jumat (21/1/2022), gagal membuat terobosan besar untuk menyelesaikan isu Ukraina. Namun kedua menlu sepakat untuk terus melanjutkan pembicaraan guna menyelesaikan krisis ini.

"Berdasarkan percakapan yang kami lakukan, membahas masalah yang luas, selama seminggu terakhir dan hari ini di Jenewa, saya kira ada alasan dan upaya untuk mengatasi beberapa kekhawatiran kita tentang keamanan," kata Blinken, dikutip dari Reuters, Sabtu (22/1/2022).

Dia menggambarkan pembicaraan itu berlangsung dengan terus terang dan substantif. Rusia saat ini menghadapi beberapa pilihan.

"Ini bisa memilih jalur diplomasi yang dapat menghasilkan perdamaian dan keamanan atau jalan yang hanya akan mengarah pada konflik, konsekuensi berat, dan kecaman internasional," kata Blinken, seraya menegaskan diplomasi akan lebih disukai.

Namun dia memperingatkan akan ada respons yang cepat dan kuat dari negaranya jika Rusia menyerang Ukraina terkait dengan pengerahan pasukan memudahkan ke perbatasan. 

"Kami sudah jelas, jika ada pasukan militer Rusia bergerak melintasi perbatasan Ukraina, itu merupakan invasi baru, akan ditanggapi dengan respons yang cepat, kuat, dan persatuan dari Amerika Serikat, mitra, dan sekutu kami," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: