Menteri Lebanon Singgung Perang Yaman, Arab Saudi Meradang dan Panggil Dubes

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 10:46:00 WIB
Menteri Lebanon Singgung Perang Yaman, Arab Saudi Meradang dan Panggil Dubes
Menteri Informasi Lebanon, George Kordahi. (Foto: Reuters)

RIYADH, iNews.id – Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Rabu (27/10/2021) memanggil Duta Besar Lebanon di Riyadh, Fawzi Kabbara. Pemanggilan sang diplomat sebagai buntut atas pernyataan kontroversial yang dibuat oleh Menteri Informasi Lebanon, George Kordahi.

Dalam sebuah wawancara daring dengan media yang berafiliasi dengan Aljazirah pada 5 Agustus lalu, Kordahi menyebut perang di Yaman sebagai perkara sia-sia. Dia juga mengatakan, Yaman menjadi sasaran agresi militer dari Koalisi Arab yang dipimpin Saudi, sedangkan kelompok Houthi—yang bersekutu dengan Iran—hanya membela diri.

Kemlu Arab Saudi menyatakan, mereka telah menyerahkan kepada Kabbara sebuah nota protes resmi terhadap pernyataan Kordahi tersebut. Menurut Riyadh, pernyataan Kordahi itu adalah serangan terhadap upaya Koalisi Arab yang dipimpin Saudi dalam mendukung pemerintah yang diakui secara internasional di Yaman.

“Pemanggilan duta besar dilakukan mengingat dampak pernyataan ofensif ini terhadap hubungan antara kedua negara,” ungkap Kemlu Arab Saudi dalam pernyataan resminya, dikutip dari Saudi Gazette, Kamis (28/10/2021).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: