Militer Ambil Alih Pemerintahan Burkina Faso, Menhan Ditangkap Perwira yang Berkhianat

Umaya Khusniah ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 14:01:00 WIB
Militer Ambil Alih Pemerintahan Burkina Faso, Menhan Ditangkap Perwira yang Berkhianat
Kudeta Burkina Faso. (Foto: Reuters)

OUAGADOUGOU, iNews.id - Menteri Pertahanan Burkina Faso ditahan kelompok kudeta. Penahanan menteri dilakukan setelah sebelumnya, kelompok militer dikabarkan menangkap Presiden Roch Kabore. 

Penangkapan Jenderal Barthelemy Simpore dilakukan pada Rabu (26/1/2022), beberapa hari setelah militer mengambil alih kekuasaan di negara itu.

Simpore muncul di televisi nasional selama jam-jam awal kudeta dan meyakinkan negara bahwa semuanya terkendali. Namun dalam beberapa jam pemerintahan Kabore digulingkan.

Militer menggulingkan Presiden Roch Kabore pada Senin (24/1/2022). Kudeta Burkina Faso merupakan yang ketiga di Afrika Barat setelah Mali dan Guinea.

Sejak pengambilalihan oleh militer yang menyebut dirinya Gerakan Patriotik untuk Pembebasan dan Pemulihan, mereka yang dekat dengan presiden yang telah ditangkap.

Laporan media mengatakan presiden Majelis Nasional, Alassane Bala Sakande; Perdana Menteri Lassina Zerbo dan pejabat tinggi pemerintahan Kabore lainnya telah dilarang meninggalkan rumah mereka.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda