Militer AS Serang Suriah, Sasar Kelompok yang Berafiliasi dengan IRGC Iran

Umaya Khusniah ยท Rabu, 24 Agustus 2022 - 10:32:00 WIB
Militer AS Serang Suriah, Sasar Kelompok yang Berafiliasi dengan IRGC Iran
Korps Pengawal Revolusi (IRGC) Iran. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Militer AS melancarkan serangan udara terhadap fasilitas yang digunakan oleh para kelompok yang berafiliasi dengan Korps Pengawal Revolusi (IRGC) Iran di Deir al-Zor, Suriah. Tindakan itu dilakukan pada Selasa (23/8/2022).

Serangan itu terjadi bahkan ketika AS bertujuan untuk menanggapi rancangan perjanjian yang diusulkan oleh Uni Eropa yang akan mengembalikan kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran. 

Kesepakatan itu telah ditinggalkan oleh mantan Presiden Donald Trump. Sementara saat ini, Presiden Joe Biden tengah berusaha untuk menghidupkannya kembali.

Komando Pusat militer mengatakan dalam sebuah pernyataan, serangan semacam itu ditujukan untuk melindungi pasukan AS dari serangan oleh kelompok-kelompok yang didukung Iran.

Pernyataan itu mengutip satu insiden pada 15 Agustus, yang dilaporkan Reuters, melibatkan serangan pesawat tak berawak ke kompleks yang dijalankan oleh koalisi dan pejuang oposisi Suriah yang didukung AS. Beruntung tak ada korban dalam serangan itu. 

"Presiden memberikan arahan untuk serangan ini," kata juru bicara Kolonel Angkatan Darat, Joe Buccino.

Komando Pusat menyebut serangan itu sebagai "tindakan proporsional dan disengaja. Serangan dimaksudkan untuk membatasi risiko eskalasi dan meminimalkan adanya korban.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda