Militer Myanmar Buru Ratusan Selebritis karena Menentang Kudeta, Aktor Sakit pun Dibawa Paksa

Anton Suhartono · Kamis, 08 April 2021 - 12:02:00 WIB
Militer Myanmar Buru Ratusan Selebritis karena Menentang Kudeta, Aktor Sakit pun Dibawa Paksa
Aktor kenamaan Myanmar Paing Takhon ditangkap pasukan keamanan di rumah orangtuanya meskipun dalam kondisi sakit (Foto: Twitter)

YANGON, iNews.id - Pasukan keamanan Myanmar, Kamis (8/4/2021), menangkap model sekaligus aktor kenamaan, Paing Takhon (24), karena menentang kudeta menggulingkan Aung San Suu Kyi.

Kakak perempuan Takhon, Thi Thi Lwin, mengatakan, militer menangkap adiknya pada Kamis pukul 04.30 di rumah orangtua mereka di Kota Yangon. Menurut Lwin, adiknya dibawa paksa aparat meskipun sedang sakit. Takhon diketahui menderita malaria dan penyakit jantung.

Sekitar 50 tentara yang datang menggunakan delapan truk menggeruduk rumahnya. Tidak jelas kemana mereka membawa Takhon.

Takhon, aktor yang juga terkenal di Thailand, merupakan selebritis terakhir yang ditahan karena menentang kudeta militer.  Komedian paling terkenal Myanmar, Zarganar, ditangkap pada Selasa (6/4/2021).

Militer Myanmar terus menekan demonstran serta warga yang menentang kudeta. Pada Rabu (7/4/2021), mereka menembaki demonstran menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai puluhan lainnya.

Data kelompok hak sipil Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) mengungkap, sejauh ini hampir 600 warga sipil tewas oleh pasukan keamanan. Selain itu 2.847 orang lainnya ditahan.

Surat perintah penangkapan terhadap ratusan orang juga sudah dikeluarkan, pekan ini mereka membidik sekitar 120 influencer, komedian, artis, hingga musisi.

Editor : Anton Suhartono