Miris, Banyak Masjid di Xinjiang China Dihancurkan

Anton Suhartono ยท Jumat, 14 Mei 2021 - 11:19:00 WIB
Miris, Banyak Masjid di Xinjiang China Dihancurkan
Masjid Jiaman di Qira dipagari dan tak ada aktivitas di dalamnya (Foto: Reuters)

QIRA, iNews.id - China menghancurkan banyak masjid di Xinjiang seiring kampenye menekan muslim etnis Uighur di wilayah itu. Setidaknya ini tergambar dalam kunjungan Reuters ke Xinjiang selama Ramadan tahun ini.

Masjid Jiaman di Kota Qira, Xinjiang, kini tersembunyi di balik tembok tinggi dan simbol-simbol propaganda Partai Komunis. Tak ada tanda-tanda bangunan tersebut masih difungsikan layaknya tempat ibadah umat Islam.

Empat pria berpakaian sipil yang menjaga di sekitar lokasi mengatakan tidak ada lagi masjid di tempat itu.

"Tidak ada masjid di sini, tidak pernah ada masjid di lokasi ini," kata salah satu pria, seraya menegaskan dilarang mengambil foto dan video.

Menara di empat sudut bangunan sebagaimana terlihat dalam foto satelit pada 2019 juga telah hilang. Sebuah kotak logam besar berdiri di tempat yang dulunya menjadi kubah utama.

Selama beberapa bulan terakhir, China meningkatkan kampanye di media pemerintah serta mengundang tur jurnalis untuk melawan kritikan kelompom hak asasi manusia (HAM) mengenai perlakuan terhadap muslim Uighur.

Para aktivis HAM dan mantan warga Xinjiang mengatakan ribuan masjid menjadi tempat tidak kekerasan yang menargetkan muslim etnis Uighur.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: