Muhyiddin Yassin Tegaskan Masih sebagai PM Malaysia, Minta Rakyat Tenang

Anton Suhartono ยท Rabu, 23 September 2020 - 17:56 WIB
Muhyiddin Yassin Tegaskan Masih sebagai PM Malaysia, Minta Rakyat Tenang

Muhyiddin Yassin (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Muhyiddin Yassin menegaskan dirinya masih menjadi Perdana Menteri Malaysia. Pernyataan tertulis itu disampaikan mengomentari klaim pemimpin oposisi Anwar Ibrahim bahwa dia mendapat dukungan dari mayoritas anggota parlemen Dewan Rakyat untuk membentuk pemerintahan baru.

Muhyiddin mengatakan klaim Anwar Ibrahim bahwa dia mendapat dukungan mayoritas dari anggota parlemen harus dibuktikan sesuai dengan proses dan metode Undang-Undang Federal.

“Tanpa melalui proses, pernyataan Anwar hanyalah klaim. Hingga terbukti sebaliknya, pemerintah Perikatan Nasional masih berdiri kokoh dan saya Perdana Menteri yang sah," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip dari The Star, Rabu (23/9/2020).

Perikatan Nasional merupakan kelompok koalisi pendukung pemerintahan di bawah Muhyiddin Yassin.

Dia juga meminta rakyat Malaysia untuk tenang menghadapi gonjang ganjing politik ini, apalagi sedang menghadapi krisis pandemi Covid-19.

“Saya mengimbau masyarakat untuk tenang. Insya Allah masalah ini akan ditangani sesuai dengan proses hukum dan UU Federal," ujarnya.

Anwar sebelumnya mengklaim telah mendapat dukungan dari mayoritas parlemen untuk menjadi perdana menteri dan pemerintahan Perikatan Nasional Muhyiddin telah jatuh.

Dia sedianya akan bertemu Raja Malaysia pada Selasa, namun diundur karena pemimpin monarki itu sedang dalam perawatan medis.

Editor : Anton Suhartono