Musim Dingin, WHO Peringatkan Covid-19 Bisa Menyebar Cepat di Belahan Bumi Utara

Anton Suhartono ยท Kamis, 17 September 2020 - 11:10 WIB
Musim Dingin, WHO Peringatkan Covid-19 Bisa Menyebar Cepat di Belahan Bumi Utara

Maria van Kerkhove (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan persebaran Covid-19 yang cepat di negara-negara belahan bumi utara terkait musim dingin.

Kepala teknis WHO untuk Covid-19 Maria van Kerkhove mengatakan, ada trem mengkhawatirkan di beberapa negara soal pandemi virus corona.

"Kami mulai melihat tren yang mengkhawatirkan di beberapa negara," kata Maria, dikutip dari Reuters, Kamis (17/9/2020).

Dia menyebut ada peningkatan jumlah pasien di unit perawatan intensif (ICU), seperti di Spanyol, Prancis, Montenegro, Ukraina, serta beberapa negara bagian di Amerika Serikat.

"Ini mengkhawatirkan karena kami belum melihat musim flu," tuturnya.

Maria juga mengkhawatirkan lonjakan kelompok usia 15-49 tahun di beberapa negara yang dirawat karena terinfeksi Covid-19.

Sementara itu pakar kedaruratan WHO Mike Ryan menyarankan orang-orang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19 untuk menjalani vaksinasi flu.

Sebelumnya Direktur WHO Eropa Hans Kluge memperkirakan Eropa akan mengalami peningkatan jumlah kasus kematian harian akibat Covid-19 pada Oktober dan November.

Menurut Kluge, 2 bulan ke depan akan menjadi waktu yang sulit bagi Benua Biru dalam episode perang melawan virus corona.

"Ini akan menjadi lebih sulit. Pada Oktober dan November kita akan melihat lebih banyak kematian," katanya.

Saat ini Eropa mengalami lonjakan kasus infeksi meskipun jumlah kematian relatif stabil. Inggris, Prancis, Austria, dan Republik Ceko, termasuk negara Eropa yang melaporkan lonjakan.

Editor : Anton Suhartono