Ngeri, China Uji Coba Rudal Hiperonik Pembunuh Kapal Induk Jangkau 1.500 Km

Anton Suhartono ยท Jumat, 22 April 2022 - 10:22:00 WIB
Ngeri, China Uji Coba Rudal Hiperonik Pembunuh Kapal Induk Jangkau 1.500 Km
China menguji coba rudal hipersonik pembunuh kapal induk YJ-21 (Screengrab: Twitter)

BEIJING, iNews.id - Militer China menguji coba rudal hipersonik paling canggih berbasis di kapal. Rudal bernama YJ-21 atau Eagle Strike-21 itu diuji coba menjelang ulang tahun ke-73 Angkatan Laut Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat.

Video pendek yang beredar di media sosial menunjukkan, YJ-21 diluncurkan dari kapal perang Tipe 055 China, kapal perusak terbesar dan tercanggih milik AL.

Surat kabar South China Morning Post (SCMP), mengutip keterangan pakar pertahanan China, melaporkan rudal itu kemungkinan memiliki jangkauan antara 1.000 hingga 1.500 kilometer dan dirancang untuk menargetkan kelompok kapal induk.

"Rudal YJ-21 yang dibawa kapal, memiliki jangkauan hingga 1.000 km, mampu menghantam kapal apa saja dalam kelompok serangan kapal induk,” kata Li Jie, seorang analis AL yang berbasis di Beijing. 

Kapal perusak Tipe 055 diketahui memiliki hingga 112 sel rudal peluncuran vertikal. Media-media Barat menyebut rudal YJ-21 mungkin bisa menimbulkan risiko bagi kapal-kapal induk AS.

“Gambar video peluncuran YJ-21, dari kapal penjelajah kelas Renhai Tipe 055, memicu peringatan dari analis bahwa rudal hipersonik menimbulkan ancaman lebih besar bagi kapal induk Amerika daripada kapal induk DF-21 dan DF-26. Rudal balistik pembunuh ini sudah dikerahkan oleh angkatan laut China," demikian laporan SCMP.

Uji coba ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan AS soal Taiwan dan sengketa di Laut China Selatan. 

Pekan lalu, militer China menggelar latihan besar di Selat Taiwan sebaai respons atas kunjungan delegasi Kongres AS ke Taipei.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda