Norwegia Bangun Terowongan Bawah Laut Terdalam dan Terpanjang di Dunia
Karena itu, pemerintah berencana memangkas waktu perjalanan hingga setengahnya.
"Perjalanan antara Kristiansand dan Trondheim itu bagian dari jalur E39, yakni rute penting bagi Norwegia," kata manajer proyek NPRA Kjersti Kvalheim Dunham, seperti dilaporkan CNN, Rabu (30/1/2019).
Gabungan jalan untuk kendaraan bermotor, jalan raya, dan mengendarai kapal feri; E39 terbentang sepanjang pantai barat daya Norwegia. Lebih dari 50 persen barang-barang ekspor di Norwegia berasal dari wilayah ini.
"Rute itu memiliki standar sangat rendah untuk jalan Eropa," ungkap Dunham.
Melintasi jalur di sisi tebing curam atau disebut fjords menggunakan kapal feri menjadi metode yang biasa digunakan warga meski sangat memakan banyak waktu.
"Pemerintah ingin memperbaiki transportasi untuk tujuan komersial dan juga untuk kesejahteraan populasi lokal," tutur Dunham.
Tiga jembatan suspensi dan lima jembatan apung akan dibangun. Jembatan apung itu merupakan struktur yang didukung beberapa ponton telah dibangun di Norwegia dan AS serta negara-negara lain.