Obat Covid-19 Buatan Korea Diuji Coba ke Hewan, Begini Hasilnya

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 01 Juni 2020 - 16:16 WIB
Obat Covid-19 Buatan Korea Diuji Coba ke Hewan, Begini Hasilnya

Ilustrasi obat. (Foto: Okezone)

SEOUL, iNews.id – Perusahaan farmasi asal Korea Selatan, Celltrion Inc, mengklaim pengobatan eksperimental mereka terhadap virus corona (Covid-19) menunjukkan hasil positif. Perusahaan itu mengungkapkan, ada penurunan viral load (jumlah partikel virus pada sampel darah) hingga 100 kali lipat dalam pengujian mereka terhadap hewan.

Saat ini, para produsen obat di seluruh dunia tengah berpacu mengembangkan metode perawatan dan vaksin untuk Covid-19 yang telah merenggut nyawa lebih dari 371.000 manusia secara global.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin (1/6/2020), Celltrion menyampaikan, studi praklinis obat corona mereka menunjukkan proses penyembuhan yang sangat baik pada pilek, batuk, dan pegal-pegal setelah hari pertama perawatan. Obat itu juga dikatakan mampu membersihkan peradangan paru-paru dalam waktu enam hari.

Celltrion memiliki pengalaman penelitian pada jenis lain virus corona seperti middle east respiratory syndrome (MERS). Perusahaan itu berharap dapat memulai uji klinis pertama pada manusia untuk perawatan Covid-19 pada Juli ini.

“(Celltrion) memiliki kemampuan untuk menggelar produksi massal dari terapi antibodi terapeutik setelah siap,” kata Kepala Unit Penelitian dan Pengembangan Perusahaan Celltrion, Kwon Ki-Sung, dikutip Reuters.

Saham Celltrion yang diperdagangkan naik 4,2 persen pada pagi tadi di Seoul, dibandingkan dengan kenaikan benchmark KOSPI (pasar saham Korea) sebesar 1,4 persen.

Editor : Ahmad Islamy Jamil