Orang Pertama di Dunia yang Sembuh dari HIV Kini Derita Kanker Darah

Anton Suhartono ยท Sabtu, 26 September 2020 - 07:17:00 WIB
Orang Pertama di Dunia yang Sembuh dari HIV Kini Derita Kanker Darah
Timothy Ray Brown (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Timothy Ray Brown, warga Amerika Serikat (AS) orang pertama yang dinyatakan sembuh dari HIV, menderita kanker darah stadium akhir.

Pasangan Brown, Tim Hoeffgen, memastikan rekannya itu bukan sakit akibat HIV yang kambuh.

"Timothy bukan sakit karena HIV, hanya untuk memperjelas," kata Hoeffgen, kepada seorang penulis Mark King yang memublikaskannya di blog, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (26/9/2020).

“HIV tidak ditemukan dalam aliran darahnya sejak dia sembuh, sudah hilang. Ini dari leukemia. Ya Tuhan, saya benci kanker,” kata Hoeffgen, menambahkan.

King menghubungi pasangan itu melalui telepon pada Sabtu pekan lalu dan mendapat kabar bahwa Brown menjalani perawatan medis di rumahnya, Palm Springs, California.

"Saya akan terus berjuang sampai akhir," kata Brown, kepada King.

Brown membuat sejarah medis pada 2018 dan menjadi harapan bagi puluhan juta pengidap virus penyebab AIDS itu ketika dinyatakan sembuh.

Dia sedang menjalani studi di Berlin, Jerman, pada 1995 saat mengetahui telah terinfeksi HIV. Pada 2006 dia juga didiagnosis menderita leukemia atau kanker yang menyerang darah dan sumsum tulang.

Untuk mengobati leukemia, dokter Free University of Berlin menggunakan transplantasi sel induk dari donor yang memiliki mutasi genetik langka yang membuatnya kebal terhadap HIV. Tujuannya untuk menyembuhkan pria berjuluk Pasien Berlin itu dari kedua penyakit tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda