Pakar Kesehatan Islam Inggris: Vaksin Covid-19 Tak Akan Membatalkan Puasa Ramadhan

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 07:14:00 WIB
Pakar Kesehatan Islam Inggris: Vaksin Covid-19 Tak Akan Membatalkan Puasa Ramadhan
Ilustrasi petugas medis menyiapkan vaksin untuk disuntikkan kepada penerima. (Foto: Ist.)

LONDON, iNews.id – Tak lama lagi, umat Islam kembali berjumpa dengan Ramadhan. Kemungkinan tahun ini menjadi yang kedua kalinya kaum Muslim menjalani ibadah puasa wajib satu bulan penuh di tengah pandemi Covid-19.

Yang membedakan dari tahun lalu, masyarakat luas kini mulai mendapatkan vaksin corona. Tak sedikit kemudian yang bertanya-tanya, apakah menerima vaksin di siang hari Bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa?

Para pakar kesehatan Islam di Inggris, mengutip pendapat ulama, menyatakan bahwa hal itu tidak akan membatalkan puasa.

“Menerima vaksin Covid-19 yang saat ini dilisensikan di Inggris, tidak membatalkan puasa, ini menurut pendapat ulama. Seseorang tidak boleh menunda mendapatkan vaksinasi Covid karena Ramadhan,” ungkap Asosiasi Kesehatan Islam Inggris dalam sebuah pernyataan, dikutip Alarabiyah, Kamis (4/3/2021).

Menurut organisasi itu, suntikan subkutan, subdermal, intramuskular, interoseus, atau intraartikular untuk tujuan nongizi saat berpuasa, tidak akan membatalkan puasa, terlepas dari kandungan yang disuntikkan memasuki sirkulasi darah. 

“Rute-rute itu tidak digolongkan sebagai tempat masuk yang akan membatalkan puasa. Menerima vaksin Covid-19 sebagai suntikan intramuskular, satu-satunya jalur vaksin yang tersedia saat ini, sehingga tidak membatalkan puasa,” kata asosiasi medis itu dalam pernyataannya.

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam Kalender Islam dan diperkirakan akan berlangsung dari 13 April hingga 12 Mei tahun ini. Lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan istimewa tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2