Pakar Penyakit Menular AS Minta Maaf Ragukan Keamanan Vaksinasi Covid-19 Massal Inggris

Anton Suhartono ยท Jumat, 04 Desember 2020 - 09:19:00 WIB
Pakar Penyakit Menular AS Minta Maaf Ragukan Keamanan Vaksinasi Covid-19 Massal Inggris
Anthony Fauci (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) yang juga anggota gugus tugas Covid-19 Gedung Putih Anthony Fauci meminta maaf karena meragukan vaksinasi massal di Inggris yang akan dumulai pekan depan.

Dalam wawancara dengan CBS pada Kamis (3/12/2020), Fauci menyebut otoritas Badan Regulasi Obat dan Kesehatan (MHRA) Inggris tak teliti dengan menyetujui penggunaan vaksin buatan perusahaan farmasi AS Pfizer dengan institut Jerman BioNTech untuk program vaksinasi tersebut.

Dia menyebut MHRA gagal memeriksa data dengan hati-hati dan telah mengabaikan keamanan vaksin. Pernyataan itu disiarkan kembali oleh stasiun televisi serta media pemberitaan Inggris yang memicu kecaman.

Dalam permintaan maafnya melalui BBC, Fauci mengatakan percaya pada hasil pekerjaan MHRA dan mengakui kesalahan atas pernyataannya sebelumnya.

"Benar-benar terjadi kesalahpahaman dan untuk itu saya minta maaf. Saya minta maaf untuk itu. Saya punya keyakinan besar pada komunitas ilmiah dan regulator di Inggris," kata Fauci, seperti dilaporkan kembali Reuters, Jumat (4/12/2020).

Fauci menjelaskan, poin yang ingin dia sampaikan, dalam konteks AS di mana keraguan terhadap vaksin Covid-19 begitu luas, tidak tepat untuk melakukan vaksinasi dengan cepat.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2