Pandemi Covid-19, Pemakaman Pangeran Philip Dibatasi 30 Pelayat pada 17 April

Djairan ยท Minggu, 11 April 2021 - 07:00:00 WIB
Pandemi Covid-19, Pemakaman Pangeran Philip Dibatasi 30 Pelayat pada 17 April
Pangeran Philip akan dimakamkan 17 April 2021 (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, yang meninggal dunia pada Jumat (9/4/2021) akan dimakamkan pada Sabtu (17/4/2021). Istana Buckingham mengumumkan, prosesi pemakaman tidak akan digelar secara kenegaraan dan tidak terbuka untuk publik.

"Pemakaman hanya akan digelar dengan upacara pemakaman kerajaan. Rencana pemakaman sangat sejalan dengan keinginan pribadi Duke of Edinburgh (gelar Pangeran Philip) sendiri,” kata juru bicara Istana Buckingham, dikutip Reuters, Minggu (11/4/2021).

Ratu Elizabeth II telah menyetujui rencana tersebut. Pemakaman akan berlangsung di Kapel St George di Kastil Windsor pada pukul 15.00 waktu setempat. Daftar pelayat yang akan hadir dibatasi hanya untuk 30 orang sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) selama pandemi Covid-19.

Pangeran Charles dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan mengambil bagian dalam prosesi dengan berjalan kaki di belakang peti mati Pangeran Philip, sementara Ratu Elizabeth II dikabarkan tidak akan berjalan dalam prosesi.

Selain itu, Pangeran Harry juga berencana menghadiri pemakaman meskipun istrinya yang sedang hamil, Meghan Markle, tidak disarankan untuk hadir sesuai nasihat dari dokter pribadinya.

Hingga waktu pemakaman tiba, akan ada masa berkabung nasional di Inggris sampai Sabtu pekan depan. Sementara keluarga kerajaan akan melangsungkan dua minggu berkabung. Kendati dilakukan tertutup, pemakaman tetap akan disiarkan secara langsung.

Jenazah Pangeran Philip saat ini sedang ‘diistirahatkan’ di Kapel Pribadi di Kastil Windsor. Pada 17 April peti mati akan dipindahkan dari Pintu Masuk Negara ke Kapel St George untuk prosesi pemakaman.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2