Pandemi Covid Bisa Berubah Menjadi Endemik, Apa Artinya?

Anton Suhartono ยท Senin, 20 September 2021 - 14:35:00 WIB
Pandemi Covid Bisa Berubah Menjadi Endemik, Apa Artinya?
Covid-19 bisa beralih dari pandemi menjadi endemik, bergantung kondisi di suatu wilayah (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa negara bersiap untuk memasuki masa endemik Covid-19 sejalan dengan semakin banyaknya penduduk yang sudah mendapatkan vaksin penuh. Bahkan ada negara yang sudah mengeluarkan stok vaksinnya untuk suntikan booster atau dosis ketiga.

Lantas apakah endemik itu dan kapan pandemi bisa disebut berakhir?

Istilah 'endemik' sering disebut di antara para pemimpin negara serta pakar kesehatan masyarakat saat membicarakan skenario penanganan wabah penyakit yang terjadi di masa depan. Dalam konteksi ini membicarakan soal Covid-19.

Para ilmuwan memperkirakan Covid akan menjadi endemik meskipun mereka memprediksi wabah sporadis yang tidak terkendali masih bisa terjadi di suatu wilayah. Transisi dari pandemi ke endemik akan berbeda-beda di setiap negara di dunia.

Untuk membahas ini, perlu dipahami empat istilah, yakni wabah, epidemi, pandemi, dan endemik.

Wabah adalah peningkatan kasus penyakit melebihi normal, biasanya terjadi di lokasi yang tak luas, spesifik, dan dalam waktu singkat. Contoh dari wabah adalah penyakit yang dipicu kontaminasi Salmonella melalui makanan.

Epidemi pada dasarnya adalah wabah tanpa batasan geografis. Virus Ebola yang menyebar di tiga negara Afrika Barat dari 2014 hingga 2016 dikategorikan sebagai epidemi.

Pandemi memiliki cakupan yang lebih luas lagi atau bisa diartikan sebagai epidemi yang menyebar di banyak negara dan banyak benua seluruh dunia. Contoh pandemi adalah influenza A(H1N1) atau 'Flu Spanyol' pada 1918, HIV/AIDS, SARS-CoV-1, dan virus Zika.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: