Partai Berkuasa Jepang Pilih Pengganti Shinzo Abe Hari Ini

Anton Suhartono ยท Senin, 14 September 2020 - 10:26 WIB
Partai Berkuasa Jepang Pilih Pengganti Shinzo Abe Hari Ini

Yoshihide Suga (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Partai berkuasa Jepang, Partai Demokratik Liberal (LDP), Senin (14/9/2020), akan memilih pemimpin baru untuk menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena sakit.

Sekretaris kabinet yang juga juru bicara pemerintah Yoshihide Suga diprediksi akan memenangkan posisi pemimpin partai LDP. Kemudian peluang Suga akan terbuka lebar untuk menjadi perdana menteri dalam pemilihan parlemen yang digelar Rabu (16/9/2020), seperti dikutip dari AFP.

Bahkan sebelum mengumumkan pencalonannya, pria berusia 71 tahun itu sudah mendapat banyak dukungan dari faksi-faksi utama LDP. Alasannya Suga merupakan sosok yang dipandang akan melanjutkan kebijakan Abe.

Anggota LDP di parlemen pusat ditambah masing-masing tiga perwakilan dari 47 prefektur akan memberikan suara. LDP sengaja menghindari pemungutan suara lebih luas yang menurut para pejabat akan memakan waktu lama.

Format pemilihan seperti ini semakin memperkuat peluang Suga melawan dua pesaingnya, yakni mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dan kepala kebijakan LDP Fumio Kishida.

Ishiba sebenarnya populer di kalangan rakyat Jepang, namun sosoknya memicu kecurigaan di kalangan internal partai karena pernah meninggalkan kelompok serta menantang kepemimpinan Abe.

Sementara Kishida dipandang sebagai penerus favorit Abe, namun kepopulerannya semakin memudar beberapa bulan terakhir.

Sementara itu Abe, yang memecahkan rekor sebagai perdana menteri terlama di Jepang dengan lebih dari 8 tahun berkuasa selama dua periode, menolak mendukung salah satu kandidat.

Editor : Anton Suhartono