Pasang Alat Baru di Fasilitas Nuklir, Iran Bisa Perkaya Uranium Hampir 4 Kali Lipat

Anton Suhartono ยท Selasa, 02 Februari 2021 - 21:35:00 WIB
Pasang Alat Baru di Fasilitas Nuklir, Iran Bisa Perkaya Uranium Hampir 4 Kali Lipat
Fasilitas nuklir Natanz (Foto: DW)

DUBAI, iNews.id - Iran kini memiliki dua kaskade sentrifugal canggih di fasilitas nuklir Natanz dengan kapasitas pengayaan uranium hampir empat kali lipat dari sebelumnya.

Utusan Iran untuk badan pengawas energi atom IAEA Kazem Gharibabadi mengatakan, dua kaskade baru juga akan dipasang di fasilitas nuklir lainnya.

"Berkat para ilmuwan nuklir kami yang ulet, dua kaskade sentrifugal 348 IR2m dengan kapasitas hampir empat kali lipat dari IR1 sekarang berjalan, sulkses di Natanz," kata Gharibabadi dalam cuitan, seperti dilaporkan kembali Reuters, Selasa (2/2/2021).

"Pemasangan dua kaskade sentrifugal IR6 juga telah dimulai di Fordow. Masih banyak lagi yang akan dipasang," katanya, melanjutkan.

IAEA membenarkan Iran mulai memperkaya uranium dengan menggunakan dua kaskade sentrifugal IR-2m di fasilitas nuklir bawah tanah Natanz, sebagaimana isi laporan yang diberikan kepada negara anggota. 

Ini melanggar kesepakatan nuklir tahun 2015 JCPOA yang diteken enam negara, sebelum Amerika Serikat keluar pada 2018.

Disebutkan, Iran sebelumnya sudah memperkaya dengan memanfaatkan satu kaskade atau klaster dari 174 mesin IR-2m di Natanz. 

Pada Desember lalu, Iran sudah memberi tahu IAEA tentang rencana memasang tiga kaskade IR-2m di fasilitas tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2