Pasukan Kurdi Saling Serang dengan Militer Turki, 2 Orang Termasuk Bayi Tewas

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 23:17 WIB
Pasukan Kurdi Saling Serang dengan Militer Turki, 2 Orang Termasuk Bayi Tewas

Seorang perempuan melarikan diri bersama anak-anaknya di tengah pemboman Turki di kota Ras al-Ayn di timur laut Suriah di provinsi Hasakeh di sepanjang perbatasan Turki. (Foto: Delil Souleiman)

ANKARA, iNews.id - Dua orang termasuk seorang bayi tewas dan 46 lainnya luka-luka di kota-kota perbatasan Turki, menyusul serangan Turki terhadap pasukan Kurdi di Suriah. Serangan dimulai sejak Rabu (9/10/2019).

"Martir pertama Operation Peace Spring adalah bayi Suriah berusia sembilan bulan, Mohammad Omar, dan Cihan Gunes, seorang pegawai negeri sipil yang bekerja untuk kantor pajak di Akcakale," demikian laporan kantor gubernur setempat, seperti dilaporkan AFP, Kamis (10/10/2019).

Wartawan AFP menyaksikan ledakan yang terus menerus di Akcakale dan melihat tiga orang terluka, satu dalam kondisi serius, ketika peluru menghantam gedung pemerintah.

Serangan juga dilaporkan terjadi di Ceylanpinar.

Kedua daerah itu terletak tepat di seberang perbatasan dari kota-kota Suriah, Tal Abyad dan Ras Al-Ain, yang menjadi fokus operasi Turki melawan pasukan Kurdi sejak diluncurkan pada Rabu.

Keluarga-keluarga dievakuasi dan jalan-jalan dikosongkan di Akcakale, ketika pemerintah setempat meminta orang-orang menyelamatkan diri.

Seorang pria terlihat memberi tahu keluarganya: "Lari, cepatlah."

Turki menyatakan, operasi itu bertujuan mendorong kembali pasukan Kurdi Suriah, yang mereka anggap teroris, dan membangun zona aman untuk memulangkan pengungsi Suriah.


Editor : Nathania Riris Michico