Pasukan Rusia Berhasil Rebut Kota Penting Ukraina di Luhanks

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 24 Juni 2022 - 19:44:00 WIB
Pasukan Rusia Berhasil Rebut Kota Penting Ukraina di Luhanks
Asap membubung di antara puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan militer di Kota Lysychansk, Wilayah Luhansk, Ukraina, pekan lalu. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.idUkraina menyatakan pasukan Rusia telah menduduki sepenuhnya sebuah kota penting di selatan Kota Lysychansk yang strategis di Wilayah Luhansk, Jumat (24/6/2022). Sementara itu, Moskow mengklaim telah mengepung sekitar 2.000 tentara Ukraina di daerah tersebut.

Distrik Hirske dan beberapa daerah pemukiman lain di sekitarnya kini telah jatuh ke tangan Rusia. Hal itu membuat Lysychansk, kota besar terakhir yang dikuasai Ukraina di Luhansk, berada dalam “bahaya” karena dikepung dari tiga sisi oleh pasukan Rusia yang terus bergerak maju.

“Sayangnya, mulai hari ini... seluruh Distrik Hirske telah diduduki,” kata pemimpin Kota Hirske, Oleksiy Babchenko, dalam siaran televisi. 

“Ada beberapa pertempuran lokal yang tidak signifikan yang terjadi di pinggiran, tetapi musuh telah masuk,” ujarnya.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya menyatakan bahwa pihaknya telah mengepung sekitar 2.000 tentara Ukraina (termasuk 80 tentara bayaran asing) di Hirske. Namun, kantor berita Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Sementara itu, juru bicara pemerintah daerah rezim Ukraina menolak mengomentari pernyataan Moskow tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda