2.000 Tentara Ukraina Dikepung Pasukan Rusia di Luhansk, Beberapa Menyerahkan Diri

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 24 Juni 2022 - 17:24:00 WIB
2.000 Tentara Ukraina Dikepung Pasukan Rusia di Luhansk, Beberapa Menyerahkan Diri
Penampakan dari udara serangan yang dilancarkan pasukan Rusia di Luhansk, Ukraina, Mei lalu. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Pasukan Rusia dilaporkan telah mengepung 2.000 tentara Ukraina di Desa Zolote dan Hirske di Wilayah Luhansk. Beberapa orang dari mereka ada yang sudah menyerahkan diri ke militer Moskow.

“Sekelompok pasukan Ukraina telah sepenuhnya diblokir di daerah pemukiman Hirske dan Zolote,” ungkap Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya pada Jumat (24/6/2022).

Menurut kementerian itu, para tentara yang dikepung tersebut terdiri atas sekitar 1800 personel militer Ukraina, 120 anggota organisasi Sektor Kanan nasionalis yang berhaluan neo-Nazi, serta 80 tentara bayaran asing.

“Hanya dalam 24 jam terakhir, 41 prajurit di daerah ini menyerah dan menyerahkan diri secara sukarela,” kata Kemhan Rusia.

Rusia meluncurkan operasi militer khusus di Ukraina sejak 24 Februari, setelah Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk (DPR dan LPR) meminta bantuan untuk membela diri dari provokasi pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Rusia mengklaim, tujuan dari operasi khusus itu adalah untuk demiliterisasi dan “denazifikasi” Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, operasi itu juga untuk melindungi orang-orang yang menjadi sasaran “genosida” oleh rezim Kiev selama delapan tahun terakhir.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda