Pasukan Rusia Serang Bendungan di Ukraina, Air Sungai Berubah Merah

Umaya Khusniah · Sabtu, 17 September 2022 - 18:37:00 WIB
Pasukan Rusia Serang Bendungan di Ukraina, Air Sungai Berubah Merah
Air di sebuah sungai di Ukraina berubah warna menjadi merah setelah pasukan Rusia meledakkan bendungan. (Foto: Twitter)

KIEV, iNews.id - Air di sebuah sungai di Ukraina berubah warna menjadi merah setelah pasukan Rusia meledakkan bendungan. Akibat serangan pada bendungan tersebut, warga sipil terpaksa meninggalkan rumah karena terendam banjir

Delapan rudal jelajah Rusia menghantam Kryvyi Rih, kota terbesar di Ukraina tengah pada Rabu dan Kamis, 14-15 September. Akibatnya, stasiun pompa air rusak dan menyebabkan Sungai Inhulets merusak bendungan pada Kamis.

Dilansir dari surat kabar lokal Kiev Post, air di Sungai Inhulets berubah warna menjadi merah. 

“Kryvyi Rih kembali berada di bawah tembakan musuh. Rusia mengarahkan rudal mereka ke infrastruktur kritis. Ada kerusakan serius pada fasilitas hidrolik,” kata Kepala Administrasi Militer Daerah Dnipropetrovsk, Valentyn Reznichenko dalam postingannya di aplikasi perpesanan Telegram.

Masih belum jelas penyebab sungai berubah menjadi merah. Namun penduduk setempat berspekulasi jika warna ruby tersebut dikaitkan dengan tanah liat merah tepi sungai. Banjir yang terjadi telah mengikis tanah tersebut. 

Kryvyi Rih merupakan tempat kelahiran Presiden Volodymyr Zelensky. Kota ini merupakan rumah bagi 650.000 orang. Banyak orang di kota ini telah dievakuasi setelah serangan.

Diperkirakan, ketinggian sungai naik 2,5 meter setelah rudal jelajah Kinzhal dan Iskander menghantam reservoir Karachunivske. Zelensky mengutuk serangan itu dan menggambarkan serangan Moskow pada sistem hidrolik kota sebagai sesuatu yang keji.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda