Paus Fransiskus Minta Para Imam dan Pastor Berani Kunjungi Korban Virus Korona

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 16:53 WIB
Paus Fransiskus Minta Para Imam dan Pastor Berani Kunjungi Korban Virus Korona

Paus Fransiskus merayakan misa harian sendirian di kapel Santa Marta di Vatikan, sebagai bagian dari langkah pencegahan terhadap penyebaran virus korona. (FOTO: Handout / VATICAN MEDIA / AFP)

VATICAN CITY, iNews.id - Paus Fransiskus mendesak para imam Katolik memiliki keberanian untuk pergi dan membantu mereka yang sakit akibat virus korona. Hal itu dia sampaikan beberapa jam setelah Italia diisolasi secara nasional.

"Mari kita berdoa kepada Tuhan juga untuk para imam kita, agar mereka memiliki keberanian untuk pergi keluar dan mengunjungi orang sakit dan untuk menemani staf medis dan sukarelawan dalam pekerjaan yang mereka lakukan," kata Paus, saat misa Kota Vatikan, seperti dilaporkan AFP, Selasa (10/3/2020).

Lapangan Santo Petrus di Vatikan -di pusat ibu kota Italia, Roma- hampir kosong pada Selasa, hanya ada beberapa puluh orang berjalan di sekitar, kebanyakan dari mereka tak memakai masker.

Pemerintah Italia meminta warga tidak bepergian jika memungkinkan dan menghindari langsung kontak dengan orang sakit.

Para pejabat mengeluarkan dekrit pada Senin malam untuk memperluas langkah-langkah pembatasan masuk nasional yang sudah berlaku pada akhir pekan lalu di wilayah utara yang paling terpukul virus korona.

Pembatasan -termasuk pos pemeriksaan di jalan dan di stasiun kereta api- ditetapkan hingga 3 April.

Italia merupakan pusat penyebaran virus korona di Eropa, dengan lebih dari 9.000 kasus dan 463 kematian sejauh ini.

Secara global, lebih dari 110.000 kasus dicatat di lebih dari 100 negara.

Editor : Nathania Riris Michico