Pejabat AS: Bukan Saatnya Ukraina dan Rusia Negosiasi Damai Sekarang!

Anton Suhartono ยท Senin, 04 Juli 2022 - 16:03:00 WIB
Pejabat AS: Bukan Saatnya Ukraina dan Rusia Negosiasi Damai Sekarang!
John Kirby sebut bukan saatnya sekarang untuk menggelar pembicaraan damai antara Ukraina dan Rusia (Foto: AP)

WASHINGTON, iNews.id - Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Kirby menilai terlalu dini untuk menggelar pembicaraan damai antara Ukraina dan Rusia saat ini. Pasalnya sekarang merupakan saat yang tepat bagi AS untuk terus mendukung Ukraina.

"Waktu bagi AS untuk terus mendukung Ukraina," ujarnya, dalam wawancara dengan Fox News, Minggu kemarin.

Dia menegaskan tujuan AS adalah memastikan bagaimana Ukraina bisa meraih kemenangan dalam konflik. Selain itu, lanjut Kirby, saat ini belum ada pihak yang siap untuk melakukan negosiasi.

“Kami tidak ingin melihat Ukraina dikalahkan oleh Rusia dan itulah sebabnya kami terus mempercepat bantuan dan dukungan,” kata Kirby, seraya menambahkan AS telah mengalokasikan dana 7 miliar dolar AS untuk Ukraina.

Soal kemungkinan pembicaraan damai Ukraina dan Rusia ke depan, Kirby yakin Presiden Volodymyr Zelensky juga akan memberikan jawaban serupa, saat ini bukan waktu yang tepat.

"(Vladimir Putin) Tidak menunjukkan indikasi tertarik pada negosiasi," ujarnya.

Sebelumnya Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan perang di Ukraina bisa berakhir dengan cepat, bahkan di hari itu juga, jika Ukraina memerintahkan pasukan serta pejuang nasionalis untuk meletakkan senjata serta memenuhi syarat yang diajukan Rusia.  Kremlin juga menuduh Ukraina sengaja menunda pembicaraan damai yang terhenti sejak Maret.

Di pihak lain, Ukraina hanya mau bernegosiasi lagi jika memiliki posisi lebih kuat. Juru runding Ukraina David Arakhamia mengatakan momen itu bisa saja terwujud pada akhir Agustus.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda