Pejuang, Nama Partai Baru Bentukan Mahathir Mohamad

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:36:00 WIB
Pejuang, Nama Partai Baru Bentukan Mahathir Mohamad
Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad. (Foto: AFP)

PETALING JAYA, iNews.id – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menyatakan partai baru bentukannya telah diberi nama dengan “Pejuang”. Dia mengumumkan nama itu di laman blog populer miliknya, Chedet, hari ini.

Melalui puisi berbahasa Melayu, dia mengklaim partai yang dia dirikan bersama PM Muhyiddin Yassin pada 2016, Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) telah dibajak sekelompok orang untuk menyelamatkan para kleptokrat (maling berbaju penguasa).

“Korupsi menghancurkan bangsa kita dan korupsi menghancurkan orang-orang Melayu. Jika Anda menginginkan jabatan dan uang, pilih saja partai lain,” ungkap Mahathir, dikutip The Star, Rabu (12/8/2020).

“Jika Anda ingin menebus martabat Anda dan mempertahankan hak kita, pilihlah partai kami, pilih Pejuang,” ujar politikus senior berusia 95 tahun itu.

Tidak dijelaskan dalam blog Mahathir itu, apakah Pejuang itu sudah merupakan nama lengkap atau hanya sebutan singkat untuk partai barunya.

Jumat (7/8/2020) lalu, Mahahtir mengumumkan pembentukan partai baru berbasis etnik Melayu menyusul putusan Mahkamah Tinggi Malaysia yang mencabut gugatannya atas penghentian dia dan lima orang lainnya dari keanggotaan Bersatu. Partai baru itu akan mencakup setidaknya lima mantan anggota parlemen Bersatu, termasuk Mahathir sendiri.

Bersatu adalah salah satu dari empat partai dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) yang secara tak terduga memenangkan Pemilu Malaysia pada Mei 2018. Namun PH kemudian digulingkan setelah hampir 22 bulan berkuasa, menyusul membelotnya sebagian besar anggota parlemen dari Bersatu, yang diikuti oleh sekelompok anggota parlemen lain dari Parti Keadilan Rakyat pimpinan Anwar Ibrahim.

Para pembelot itu kemudian membentuk aliansi Perikatan Nasional (PN) dan berhasil menjadi penguasa baru di Malaysia. Salah satu partai yang bergabung dalam aliansi tersebut adalah UMNO—yang digulingkan dari kekuasaan dua tahun lalu, karena kemarahan rakyat Malaysia atas dugaan korupsi mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Adapun fraksi lain yang tergabung dalam PN adalah Parti Islam Se-Malaysia dan Gabungan Parti Sarawak.

Editor : Ahmad Islamy Jamil