Pejuang Taliban Pukuli Pengunjuk Rasa Hak-Hak Perempuan di Kabul

Umaya Khusniah ยท Minggu, 05 September 2021 - 07:51:00 WIB
Pejuang Taliban Pukuli Pengunjuk Rasa Hak-Hak Perempuan di Kabul
Pejuang Taliban bersenjata berupaya membubarkan aksi unjuk rasa perempuan di Kabul. (Foto: Getty)

KABUL, iNews.id - Pasukan Taliban menembakkan gas air mata dan memukuli sekelompok pengunjuk rasa hak-hak perempuan di Kabul, Afghanistan, Sabtu (4/9/2021). Pasukan ingin membubarkan aksi demonstrasi tersebut. 

Dari rekaman-rekaman yang beredar, aksi protes yang digelar sekelompok perempuan itu kacau setelah pasukan Taliban bersenjata muncul. Pasukan berupaya membubarkan aksi protes yang berupaya menuju istana negara tersebut. 

Gas air mata ditembakkan ke udara dan sebagian pejuang Taliban menyerang peserta aksi untuk membubarkan mereka. 

Di video lain terlihat wajah seorang demonstran perempuan berdarah. Diduga dia dipukul di bagian kepala oleh pejuang Taliban. Rekaman yang berbeda menunjukkan seorang wanita merebut megafon dari seorang pejuang Taliban yang tengah meminta peserta aksi mundur. 

Mahasiswi Sudaba Kabiri (24) mengatakan, sekitar belasan pejuang Talinan dikerahkan untuk membubarkan aksi. Selain menggunakan gas air mata dan kekerasan, pejuang Taliban juga menahan beberapa peserta aksi. 

Farhat Popalzai, mahasiswi lain mengatakan, dia ingin menjadi suara para perempuan Afghanistan yang tidak mampu bersuara. Mereka terlalu takut untuk meninggalkan rumah.

"Saya adalah suara para wanita yang tidak dapat berbicara. Mereka pikir ini adalah negara laki-laki tetapi tidak, ini adalah negara perempuan juga," katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: