Pelaku Pembunuhan Gajah Pakai Petasan Ditangkap, Ini Motifnya

Anton Suhartono · Minggu, 07 Juni 2020 - 07:37:00 WIB
Pelaku Pembunuhan Gajah Pakai Petasan Ditangkap, Ini Motifnya
Pelaku pembunuhan sadis terhadap gajah di Kerala, India ditangkap (Foto: IANS)

NEW DELHI, iNews.id - Kepolisian India berhasil menangkap pelaku pembunuhan sadis terhadap gajah liar di Negara Bagian Kerala pekan lalu.

Kasus ini membuat heboh India karena pelaku membunuh gajah betina yang sedang hamil itu dengan cara meledakkan mulutnya menggunakan petasan. Petasan dimasukkan ke beberapa buah buah nanas dan kelapa lalu meledak saat dikunyah.

Pelaku merupakan pekerja di perkebunan setempat. Ada dua orang lainnya yang kini masih diburu.

Menurut polisi, pelaku, diketahui bernama P Wilson, ditangkap pada Jumat (5/6/2020). Sejauh ini motifnya untuk mengusir hewan buas dari perkebunan tempatnya bekerja.

“Pria itu mengakui telah menggunakan peledak yang dimasukkan ke buah untuk menargetkan hewan liar,” kata pejabat suaka margasatwa Kerala, Surendra Kumar, dikutip dari AFP, Minggu (7/6/2020).

Dia melanjutkan, petasan itu dimasukkan ke buah-buahan termasuk kelapa lalu diletakkan di batas sekitar perkebunan pada pekan kedua Mei.

Gajah nahas berusia 15 tahun itu ditemukan dalam kondisi luka parah pada 25 Mei, 2 hari kemudian dia mati di sungai.

Ledakan petasan menyebabkan mulut gajah rusak parah, termasuk patah tulang rahang. Kondisi tersebut menyebabkan gajah tak bisa makan atau minum.

Jika terbukti bersalah pelaku bisa dipenjara maksimal 7 tahun di bawah UU perlindungan hewan langka India.

Warga di Kerala ternyata biasa menggunakan buah jebakan untuk membunuh hewan liar yang masuk permukiman. Peristiwa serupa terjadi bulan lalu, hewan berkulit tebal mati akibat petasan yang meledak di mulut.

Editor : Anton Suhartono